Maraknya Ketergantungan Gadget Dikalangan Remaja, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Penyuluhan Waspada Penggunaan Gadget Bagi Kesehatan




Campusnesia.co.idTanjungan, 27 Juli 2024, Demi mencapai kehidupan yang sehat dan sejahtera serta berkualitas, salah satu mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro yaitu Cheryl Janet Dameria Situmorang, mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, menyelanggarakan kegiatan penyuluhan dengan mengambil masalah yang ada di Desa Tanjungan yaitu maraknya ketergantungan gadget. Kegiatan ini digelar di Pendopo Ulil Albab, Desa Tanjungan dengan dihadiri oleh remaja posyandu RW 4 dan Ibu Lurah. Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan anak-anak menjadi peserta yang dapat memahami mengenai dampak negative dari penggunaan gadget, khususnya kepada kesehatannya.

Gadget merupakan perangkat elektronik yang sudah tidak asing terdengar dan bahkan dimiliki oleh hampir setiap orang. Gadget tentu memiliki fungsi dan manfaat yang dapat memudahkan penggunanya, contohnya seperti memudahkan komunikasi daari jarak jauh, memudahkan mencari informasi, memudahkan transaksi, dan lain sebagainya. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi akses kepada gadget semakin terbuka bagi seluruh kalangan masyarat khususnya bagi anak remaja. Penggunaan gadget tentu memberikan banyak manfaat dan fungsi bagi para penggunanya. Bagi kebanyakan remaja saat ini, gadget bukan hanya sekedar untuk mencari informasi ataupun menambah relasi, namun juga sebagai alat penghibur diri. 


Namun, perkembangan gadget yang semakin pesat ini memang harus kita waspadai bersama, jangan sampai menjadi boomerang dan merusak generasi masa depan bangsa. Di Desa Tanjungan, terdapat masalah bahwa didapati kebanyakan anak remaja meluangkan waktu untuk bermain gadget tanpa memerhatikan waktu dan terdapat pula kejadian peningkatan pengunaan kacamata. 

Kecanduaan gadget tentu menjadi salah satu masalah penting yang perlu diperhatikan. Hal tersebut bukan hanya menggangu psikososial dari remaja, namun dapat berakibat pula pada kesehatan dan tumbuh kembang remaja kedepannya.dalam segi kesehatan, penggunaan gadget berlebih dapat menimbulkan sakit kepala, postur tubuh yang tidak ideal, risiko obesitas, gangguan pola tidur, kerusakan otot dan ligament, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal-hal buruk seperti yang dikemukakan diatas, maka Cheryl beserta timnya menyelenggarakan kegiatan penyuluhan ini dengan tujuan agar remaja dapat mengetahui dampak pengguanan gadget yang berlebihan, bagaimana tips and trick bermain gadget, serta membentuk sikap waspada terhadap pengguaan gadget yang berlebihan. Kegiatan ini diikuti dengan antusias dari remaja posyandu dengan penayangan materi dan tanya sawab. Selain dari pada itu, Cheryl juga membagikan leaflet  yang berisi materi yang telah disampaikan, sehingga para remaja dapat membaca dan menyebarluaskan kepada teman-teman lain. 




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon