Mahasiswi KKN UNDIP Tingkatkan Branding Digital Desa Sumberejo Melalui Optimalisasi Media Sosial

 
Penyerahan Akun Instagram Desa Sumberejo secara Simbolis 
kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa pada 9 Agustus 2024


Campusnesia.co.id - Sumberejo, Wonogiri -Dalam era digital yang semakin berkembang, pemanfaatan teknologi informasi menjadi salah satu kunci penting untuk memperkenalkan potensi lokal lebih luas. Memahami hal ini, Ernesha Tierra Petronella, seorang mahasiswi Program Studi Manajemen dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, memprakarsai program kerja bertajuk "Strategi Branding Digital Desa Sumberejo: Meningkatkan Informasi dan Keterlibatan Masyarakat Melalui Konten Informatif di Instagram" sebagai bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program ini berlangsung selama hampir satu bulan, mulai tanggal 23 Juli hingga 11 Agustus 2024 di Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Dalam program ini, Ernesha memfokuskan usahanya pada pengembangan konten digital yang kreatif dan informatif untuk akun Instagram resmi Desa Sumberejo (@desasumberejo.wuryantoro). Program ini bertujuan untuk melakukan branding digital terhadap desa, memperkenalkan potensi yang ada, serta publikasi informasi penting melalui sosial media desa.

Sebagai seorang mahasiswi manajemen dengan konsentrasi pada pemasaran, Ernesha melihat potensi besar yang dimiliki Desa Sumberejo, terutama dalam sektor pertanian dan peternakan. Desa ini dikenal dengan hasil pertanian tembakaunya yang berkualitas, serta produk telur omega yang dihasilkan dari peternakan ayam lokal. Namun, potensi ini dirasa masih belum dikenal secara luas, terutama di luar wilayah desa.

Untuk itu, Ernesha memutuskan untuk membuat konten potensi desa yang fokus pada dua aspek utama: pertanian tembakau dan peternakan telur omega. Ernesha melakukan wawancara langsung dengan para pelaku utama dalam sektor tersebut, yakni petani tembakau dan peternak ayam telur omega. Wawancara ini bertujuan untuk menggali keunggulan kompetitif dari hasil pertanian dan peternakan di Desa Sumberejo. Hasil dari wawancara ini kemudian didokumentasikan dan diolah menjadi konten feeds Instagram yang menarik dan informatif. 

Mas Doni Kristanto, salah satu petani tembakau yang terlibat dalam program ini, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ernesha. “Kami sangat berterima kasih kepada Mbak Ernesha atas upayanya dalam mempromosikan hasil pertanian kami. Konten yang dibuatnya sangat membantu kami untuk lebih dikenal di luar desa,” ujarnya. Senada dengan itu, Bu Haryati, peternak ayam telur omega, juga memberikan apresiasi, “Konten Instagram yang dibuat benar-benar menunjukkan keunggulan dari telur omega yang kami produksi. Hal tersebut sangat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk kami.”
 
Akun Instagram Resmi Desa Sumberejo 
(@desasumberejo.wuryantoro).

Tidak hanya berhenti pada potensi desa, program ini juga mencakup penyebaran informasi penting yang berhubungan dengan kegiatan desa dan layanan publik. Dalam hal ini, Ernesha berkolaborasi dengan perangkat desa untuk mengidentifikasi informasi apa saja yang perlu disampaikan kepada masyarakat luas melalui media sosial. Informasi yang disajikan meliputi jadwal kegiatan desa, pengumuman penting, serta berbagai program yang sedang berjalan.

Ernesha sendiri berharap, apa yang telah ia lakukan selama KKN ini bisa menjadi langkah awal yang menginspirasi desa-desa lain di Indonesia untuk memanfaatkan teknologi digital dalam upaya mempromosikan potensi lokal. “Saya percaya bahwa dengan digitalisasi, desa-desa di Indonesia bisa lebih cepat berkembang dan dikenal, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di kancah internasional,” ungkapnya.



Penulis: 
Ernesha Tierra Petronella
Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Lokasi: 
Desa Sumberejo, Kec. Wuryantoro, Kab. Wonogiri

DPL: 
Albertus Fajar Irawan S.P., M.Agr, Ph.D. 

KKN TIM II UNDIP Tahun 2023/2024 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon