Mahasiswi KKN Undip membuat Video Edukatif tentang Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah Dwibahasa

 


Campusnesia.co.id - Sukoharjo, 30 Juli 2024 - Mahasiswi Sastra Inggris Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 membuat video edukatif untuk masyarakat desa Pundungrejo terkait pemanfaatan minyak jelantah dwibahasa dari penerjemahan jurnal ilmiah. Pembuatan video edukatif untuk masyarakat desa Pundungrejo terkait pemanfaatan minyak jelantah dwibahasa merupakan hasil dari program kerja monodisiplin I dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pundungrejo, Kabupaten Sukoharjo. 

Kegiatan ini terdapat tiga tahap yaitu proses penerjemahan dari jurnal, pengambilan video, dan proses mengedit. Masyarakat desa Pundungrejo terutama Ibu-ibu rumah tangga dukuh Banaran terlibat dalam program kerja ini.

Minimnya informasi terkait pemanfaatan limbah minyak jelantah dari rumah tangga mengakibatkan pengolahan minyak jelantah tidak maksimal. Masyarakat cenderung membuang limbah minyak jelantah karena tidak tahu cara memanfaatkan minyak jelantah menjadi suatu produk yang memiliki manfaat dan nilai jual. 

Selama pelaksanaan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 juga terlibat dalam proses pengambilan video pembuatan pupuk organik cair, pemurnian minyak, hingga pembuatan sabun cuci piring. Program kerja ini bertujuan untuk mengedukasi Ibu-ibu dukuh Banaran agar dapat mengolah minyak jelantah menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual.

"Melalui video edukasi ini, diharapkan masyarakat desa Pundungrejo, khususnya para ibu rumah tangga, dapat memanfaatkan limbah minyak jelantah secara optimal, serupa dengan pengolahan minyak di negara lain seperti Amerika Serikat. Mengingat dampak negatif minyak jelantah terhadap lingkungan, pemanfaatan ini menjadi sangat penting." jelas Alya, Mahasiswi KKN. Dengan adanya video edukatif pemanfaatan limbah minyak jelantah, harapannya Ibu-ibu rumah tangga dukuh Banaran dapat memanfaatkan limbah minyak jelantah dengan optimal, bahkan lebih baik apabila dapat menjadi suatu usaha rumah tangga.



Penulis: 
Alya Cantika Army Haq 
(Sastra Inggris – Fakultas Ilmu Budaya)

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon