Mahasiswi KKN UNDIP Membantu Mengoptimalkan Fasilitas Umum Kelurahan Mayangan Melalui Pemetaan RT

 


Campusnesia.co.idPekalongan - Kelurahan Mayangan termasuk ke dalam salah satu kelurahan yang berada pada Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Kelurahan Mayangan merupakan kawasan padat penduduk dengan berbagai fasilitas umum seperti kantor kelurahan, tempat ibadah, sekolah, toilet umum, hotel, lapangan, serta puskesmas. Hingga saat ini, Kelurahan Mayangan belum memiliki peta lengkap yang mencakup seluruh RT dan fasilitas umumnya. Peta wilayah yang ada di kantor kelurahan terakhir kali diperbarui pada tahun 2017, sehingga perlu dilakukan pembaharuan untuk memasukkan informasi terkini mengenai peta RT dan fasilitas umum yang ada di wilayah tersebut.

Kondisi tersebut menjadikan pemetaan yang akurat dan menyeluruh sangat penting untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi dan kolaborasi antar perangkat kelurahan dengan pemerintah. Selain mempermudah penduduk setempat untuk menemukan layanan publik, peta yang akurat akan mendukung perencanaan pembangunan dan pengelolaan wilayah yang lebih efektif di masa mendatang. 

Pemetaan yang akurat dan menyeluruh ini diperoleh melalui kombinasi survei lapangan yang cermat serta koordinasi intensif antara Syafira Ramadani selaku mahasiswi KKN TIM II Undip (Universitas Diponegoro) dengan perangkat kelurahan untuk mengidentifikasi berbagai fasilitas umum yang ada. Proses ini memastikan bahwa setiap fasilitas dan posisi geografisnya dicatat dengan akurat. Setelah data tersebut terkumpul, langkah selanjutnya yaitu digitasi peta atau proses mengonversi data geografis dari bentuk analog ke dalam bentuk digital.

Digitasi peta merupakan bagian dari kegiatan pemetaan yang bertujuan untuk membuat peta wilayah yang lebih akurat dan mudah diakses. Penandaan atau penggambaran ulang batas wilayah, sungai, jalan, serta fasilitas umum lainnya pada peta dilakukan dengan menggunakan data lapangan yang telah dikumpulkan sebelumnya. 

 
Sebagai hasil dari program kerja pemetaan ini, Syafira Ramadani telah menyerahkan dua bentuk luaran kepada perangkat Kelurahan Mayangan pada hari Senin (12/8/24). Luaran tersebut mencakup soft file peta yang diberikan secara digital untuk memudahkan akses dan pembaruan data, serta hard file berupa banner yang diserahkan langsung kepada Bapak Rizqon, selaku Lurah Kelurahan Mayangan dengan penuh antusias. Dengan harapan, peta tersebut akan berguna sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan dan pengelolaan wilayah di masa mendatang. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon