Mahasiswi KKN UNDIP Melakukan Pendampingan Intens dalam Cegah Nikah Dini Menuju Generasi Bebas Stunting Pada Usia Remaja di Desa Sumberejo

 
Penyerahan Buku Saku dan Poster 
sebagai Panduan Mitigasi dalam Cegah Nikah Dini 
menuju Generasi Bebas Stunting pada Remaja


Campusnesia.co.id - Kabupaten Wonogiri, 13 Agustus 2024 - Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mahasiswi Universitas Diponegoro (UNDIP) yaitu Tiara Ruth Magdalena melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Tahun Akademik 2023/2024 telah sukses melaksanakan program pendampingan intensif untuk cegah nikah dini menuju generasi bebas stunting pada usia remaja. Program ini dilaksanakan di posyandu remaja di dusun Sumber dan Kedung Lumbu, Desa Sumberejo.

Nikah dini dan stunting merupakan dua masalah sosial yang sangat kompleks dan memerlukan intervensi yang serius. Nikah dini dapat memperburuk status sosial dan ekonomi seseorang, sementara stunting dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pendampingan kepada remaja tentang pentingnya menunda usia nikah dan menjaga kesehatan reproduksi baik secara fisik maupun psikologis. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Agustus 2024 salah satu dan dihadiri oleh sekitar 23 remaja yang berusia antara 10 hingga 18 tahun.


Aktivitas yang dilakukan:

1. Pengenalan Konsep Nikah Dini dan Stunting
Mahasiswa Tim KKN UNDIP memulai kegiatan dengan pengenalan konsep nikah dini dan stunting. Dilakukan penjelasan tentang dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh nikah dini dan stunting, seperti penurunan status sosial dan ekonomi, serta hambatan pertumbuhan dan perkembangan anak.

2. Pendampingan Psikoedukasi
Selanjutnya, mahasiswa Tim KKN UNDIP menyampaikan materi psikoedukasi secara psikologis, pentingnya menunda usia nikah dan hubungannya dengan kesehatan reproduksi serta memberikan tips dan strategi untuk menghindari nikah dini dan stunting.

3. Pemberian Buku Saku dan Poster 
Setelah pemberian materi, diberikan buku saku sebagai panduan berkelanjutan terkait pencegahan nikah dini dalam mengatasi meningkatnya stunting pada remaja. Poster kreatif juga diberikan sebagai sarana informatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait permasalahan tersebut.


Program pendampingan intensif ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi remaja di dusun Sumber dan Kedung Lumbu. Dengan memberikan edukasi yang tepat, tim KKN UNDIP berharap dapat membantu remaja dalam menghindari nikah dini dan stunting, sehingga mereka dapat memiliki masa depan yang lebih cerah dan sejahtera.




Penulis: 
Tiara Ruth Magdalena/Fakultas Psikologi

Lokasi: 
Desa Sumberejo, Kec. Wuryantoro, Kab. Wonogiri

DPL: 
Albertus Fajar Irawan S.P., M.Agr, Ph.D. 

KKN TIM II UNDIP Tahun 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon