Mahasiswi KKN TIM II UNDIP Kenalkan Aplikasi untuk Memonitor Tumbuh Kembang Anak



Campusnesia.co.idKaranganyar - Salah seorang mahasiswi yang tergabung dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim II Universitas Diponegoro di Desa Kebak, Gandes Saputri, mengenalkan sebuah aplikasi yang berguna untuk memonitor tumbuh kembang anak. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan posyandu di Dusun Nglarangan (7/8/24).

Dengan audiens ibu-ibu yang memiliki anak balita, kegiatan tersebut dihadiri oleh lebih dari 20 orang yang mayoritas berasal dari Dusun Nglarangan, Desa Kebak, Kebakkramat, Karanganyar. 

Bersamaan dengan program kerja multidisiplin tentang stunting, kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan materi tentang pengertian, penyebab, dan tanda-tanda stunting, kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi tips mencuci buah dan sayur dengan larutan garam dan baking soda, serta pola asuh yang tepat untuk mencegah terjadinya stunting. Dengan Ibu Mitha Asyita Rahmawaty S.T., M.T. sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL) mahasiswi Fakultas Psikologi Undip tersebut mengenalkan aplikasi ‘Tentang Anak’ yang dapat digunakan untuk memonitor tumbuh kembang anak dengan menjelaskan fitur-fitur dan manfaat aplikasi tersebut, serta melakukan demonstrasi bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut.

”Aplikasi ‘Tentang Anak’ ini merupakan aplikasi yang sudah bekerjasama dengan Kemenkes dan BKKBN. Aplikasinya dapat diunduh secara gratis di playstore. Ada 2 menu yang tersedia, yakni menu edukasi parenting dan tumbuh kembang anak, serta menu monitoring kehamilan. Tapi disini saya fokusnya untuk memperkenalkan menu edukasi parenting dan tumbuh kembang anak karena berkaitan juga dengan program multidisiplin tentang pola asuh anak untuk mencegah stunting” Ujar mahasiswi Fakultas Psikologi tersebut.

 
Kegiatan pengenalan aplikasi yang bernama ‘Tentang Anak’ ini dipilih karena pemantauan tumbuh kembang anak sejak dini sangatlah penting untuk memastikan anak tumbuh secara optimal dan terhindar dari masalah perkembangan yang berdampak jangka panjang. Selain itu, pemanfaatan teknologi di kalangan masyarakat desa Kebak untuk kepentingan tumbuh kembang anak dirasa belum optimal. Padahal dengan adanya teknologi, terutama aplikasi, para orangtua dapat memantau perkembangan anak secara rutin, mengetahui kebutuhan tumbuh kembang anak, dan mendapatkan pengetahuan baru kapan saja dan dimana saja.

Untuk itu, dengan dikenalkannya aplikasi untuk memantau tumbuh kembang anak tersebut, diharapkan masyarakat Desa Kebak dapat memanfaatkan adanya perkembangan teknologi, terutama untuk kebutuhan perkembangan anak. Sehingga nantinya kualitas hidup keluarga dapat meningkat.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon