Mahasiswa UNDIP Turut Ikut Serta Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak Melalui Edukasi Pentingnya Kunjungan ANC




Campusnesia.co.idJetis, Sukoharjo (4/8/2024)  Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), Indonesia terus berupaya untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) maupun Angka Kematian Bayi (AKB). Data dari Badan Statistik Indonesia (BPS) pada tahun 2023, rata-rata AKI di seluruh wilayah Indonesia masih menunjukkan angka di atas 100 kematian per 100.000 kelahiran hidup dan rata-rata AKB di atas 15 kematian per 1000 kelahiran hidup. Dalam konteks ini, mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro tahun ajaran 2023/2024 di Desa Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, mengadakan kegiatan penyuluhan mengenai pentingnya kunjungan Antenatal Care (ANC) dan demonstrasi perhitungan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) yang diadakan di Balai Desa Jetis pada hari Minggu, 4 Agustus 2024. Acara ini secara khusus mengundang Ibu hamil, Kader ibu hamil, ibu PKK, remaja putri, dan tim perencanaan keluarga untuk berpartisipasi.

Acara penyuluhan yang dilaksanakan di Desa Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo ini memiliki tujuan utama yaitu edukasi pentingnya melakukan pemeriksaan ANC sebelum kehamilan, selama kehamilan, sampai mendekati persalinan untuk perencanaan persalinan agar dapat menekan AKI dan AKB. Selama pemeriksaan ANC diharapkan untuk membantu menemukan risiko apa pun untuk memastikan setiap tahap kehamilan aman dan bebas dari komplikasi, sehingga ibu dan bayi yang belum lahir dapat menerima perawatan tepat waktu jika diperlukan. 


Pelaksanaan penyuluhan diisi dengan demonstrasi perhitungan HPHT agar khususnya Wanita Usia Subur (WUS) saat sudah telat menstruasi bisa lebih menyadari kapan hamil dan memperkirakan perhitungan kandungannya. Pembagian leaflet dibagikan sebelum dilakukan penyuluhan. Harapannya, setelah dilakukan penyuluhan dan demonstrasi perhitungan HPHT para ibu hamil semakin sadar akan pentingnya melakukan kunjungan ANC serta WUS bisa lebih mengerti kapan saat sudah mulai memasuki kehamilan. 



Penulis: 
Nanda Puspa Oktavianingrum 
(Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)

DPL: 
Ir. Sulistyo, MT., PhD

Lokasi KKN: 
Desa Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon