Mahasiswa Undip Optimalkan Media Sosial dan Website Desa Kalinanas Boyolali

 


Campusnesia.co.idKalinanas, Wonosamodro, Boyolali - Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) baru-baru ini melaksanakan Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui Optimalisasi Media Sosial Instagram dan Website Desa Kalinanas, Kecamatan Wonosamodro, Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan akses informasi desa di era digital yang merata.

Dari Tim Mahasiswa yang terdiri dari berbagai jurusan ini berfokus  pada pengembangan akun Instagram @pemdeskalinanas dan pembaruan website dengan alamat tautan  https://desakalinanas.my.id/kalinanas.my.id

Selama 41 hari, mereka bekerja sama dengan perangkat desa dan karang taruna desa setempat untuk menghasilkan konten yang informatif dan menarik. Selain itu, Mahasiswa juga memberikan pelatihan terkait bagaimana mengelola dan membuat konten melalui desain menarik dan caption yang interaktif.


Ketua Tim KKN, menjelaskan bahwa "Kami melihat potensi besar dari Desa Kalinanas yang belum tergali secara maksimal. Melalui optimalisasi media sosial dan website, kami berharap dapat membantu mempromosikan potensi wisata, produk UMKM, dan kegiatan desa kepada masyarakat luas." Tutur Inka.

Salah satu inovasi yang diterapkan dari program kerja ini adalah dari penggunaan fitur Instagram Reels untuk menampilkan keindahan alam dan tradisi budaya Desa Kalinanas. Sementara itu, dari website Desa Kalinanas juga diperbarui dari berbagai informasi terkini melalui pelayanan publik, data desa, dan agenda kegiatan.

Kepala Desa Kalinanas, Darsu, menyambut dan mengapresiasi dengan baik inisiatif dari Mahasiswa. "Kami sangat berterima kasih atas kontribusi Mahasiswa Undip. Dengan adanya optimalisasi media digital ini diharapkan dapat membantu kami selaku perangkat desa untuk menjangkau audiens lebih luas dan meningkatkan transparansi dari berbagai informasi desa," ujarnya.

Program ini juga melibatkan pelatihan dan pengarahan bagi perangkat desa dalam pengelolaan media sosial serta website. Harapannya, melalui hal ini dapat menjadi tindakan berkelanjutan dalam proses pengelolaan platform digital ini secara mandiri setelah program KKN ini berakhir.

Dosen pembimbing KKN, Lisa’ Yihaa Roodhiyah, menilai program ini menjadi kontribusi nyata dari Mahasiswa dalam pengabdian masyarakat. "Hal ini merupakan implementasi konkret dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, di mana mahasiswa tidak hanya belajar, tetapi juga berkontribusi langsung pada pembangunan desa," jelasnya.

Optimalisasi media digital Desa Kalinanas ini diharapkan dapat menjadi tolak awal dari arus digitalisasi  desa di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pembangunan desa yang lebih baik.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon