Mahasiswa Undip Dorong Peningkatan Pelayanan Publik di Kelurahan Lewat Digitalisasi Pengaduan Masyarakat

 

Diah Ayu Narianti saat memaparkan inovasi layanan pengaduan masyarakat secara digital untuk membantu optimalisasi pelayanan publik Kelurahan Sambeng, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali.

Campusnesia.co.idKelurahan Sambeng, 05 Agustus 2024, Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) berkolaborasi dengan Perangkat Kelurahan Sambeng, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali untuk menciptakan layanan pengaduan masyarakat berbasis digital. Inovasi ini hadir sebagai solusi praktis bagi warga untuk menyampaikan keluhan, aspirasi, dan laporan masalah yang ada di lingkungan mereka.

Hasil observasi di Kantor Kelurahan Sambeng menunjukkan bahwa pelayanan publik masih belum optimal. Hal ini disebabkan banyaknya pelayanan administrasi yang masih dilakukan secara manual, kurangnya dukungan teknologi informasi, dan sumber daya manusia.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024 Kelurahan Sambeng, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali, Diah Ayu Narianti dari Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas FISIP. Melalui pemahaman akan kebutuhan masyarakat dan tantangan yang dihadapi dalam pelayanan publik, mahasiswa ini merancang platform pengaduan “LAPORLUR” yang mudah diakses dan digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Layanan pengaduan digital ini dapat diakses dengan ponsel dan komputer  melalui Google Form memungkinkan warga untuk melaporkan berbagai masalah seperti jalan rusak, penerangan jalan umum yang mati, sampah yang menumpuk, hingga permasalahan administrasi. Setiap laporan yang masuk akan langsung tercatat dalam sistem dan diteruskan ke unit terkait di kelurahan untuk ditindaklanjuti.

Lurah Sambeng, Bapak Bambang Budiyono menyambut baik inisiatif ini dan berharap bahwa layanan digital ini dapat menjadi jembatan antara warga dan pemerintah kelurahan. "Dengan adanya platform ini, kami bisa lebih cepat merespons kebutuhan masyarakat dan memastikan bahwa setiap pengaduan ditangani dengan baik. Kami sangat mengapresiasi kontribusi mahasiswa Undip yang telah berperan aktif dalam membantu meningkatkan pelayanan di kelurahan kami," ungkapnya.

Warga Kelurahan Sambeng juga memberikan respons positif terhadap layanan ini. Bapak Joko, salah satu warga yang telah mencoba menggunakan layanan pengaduan digital, merasa bahwa platform ini sangat membantu. "Dulu kalau ada masalah di lingkungan, lapornya bisa lama dan belum tentu ditanggapi cepat. Sekarang, dengan platform LAPORLUR ini, saya bisa langsung melapor tanpa harus datang ke kantor kelurahan dan ini sangat membantu," katanya. 

Selain mengembangkan platform, mahasiswa Undip juga aktif dalam mensosialisasikan penggunaan layanan ini kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan langsung. Upaya ini dilakukan agar seluruh warga, terutama mereka yang belum terbiasa dengan teknologi, dapat memanfaatkan layanan ini dengan optimal.

Dengan adanya layanan pengaduan masyarakat secara digital ini, diharapkan Kelurahan Sambeng dapat menjadi pelopor dalam inovasi pelayanan publik yang lebih transparan dan responsif. Layanan pengaduan masyarakat secara digital ini menjadi bukti nyata bahwa kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk kemudahan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi mereka, serta menciptakan lingkungan yang lebih baik dan terawat. Inisiatif mahasiswa Undip ini tidak hanya membawa manfaat langsung bagi warga, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah ke dalam kehidupan nyata.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon