Mahasiswa Tim II KKN Undip Mendukung Gerakan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Menjadi POC pada Kelompok Wanita Tani di Desa Pengkol



Campusnesia.co.idSukoharjo - Selasa, 27 Juli 2024, Mahasiswi Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi terkait pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah organik rumah tangga pada anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) yang dilaksanakan di Desa Pengkol pada 15.30 WIB. 

Lahan pertanian di Desa Pengkol mengalami penurunan kualitas kesuburan sehingga dibutuhkan cara yang efisien untuk memperbaiki unsur hara dalam tanah pada lahan pertanian di Desa Pengkol. Salah satu cara meregenerasi kualitas lahan pertanian yaitu dengan menggunaan pupuk organik yang menjadi kebutuhan pokok petani sebagai input produksi pertanian. Pembuatan Pupuk organik Cair (POC) sebenarnya dapat dilakukan secara rutin dengan pemanfaatan limbah yang ada disekitar seperti limbah organik rumah tangga. 

Limbah organik rumah tangga yang biasanya dibuang secara percuma dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar POC sehingga tidak terbuang sia-sia. Pembuatan POC sangat mudah dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan yang terdiri dari limbah organik rumah tangga, air cucian beras atau air kelapa, larutan gula merah atau molase, EM4, air, dan wadah tempat fermentasi POC. Bahan-bahan tersebut dimasukkan sesuai dengan takaran ke dalam wadah dan diaduk rata. Setelah 10-14 hari difermentasi, POC sudah dapat disaring untuk diambil cairannya dan dapat digunakan untuk keperluan pertanian. 

Pemilihan bahan-bahan pembuatan POC didasari oleh kandungan unsur hara didalamnya. Limbah organik rumah tangga mengandung unsur hara makro dan mikro yang mendukung pertumbuhan tanaman. EM4 digunakan dalam POC karena mengandung berbagai jenis bakteri yang dapat membantu jalannya fermentasi POC. Larutan gula merah berfungsi sebagai sumber energi dan penyubur bagi bakteri dalam proses penguraian serta air cucian beras dipilih karena mampu mempercepat proses fermentasi.

 
Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, yang tepatnya di samping balai Desa Pengkol sebagai salah satu program monodisiplin oleh Aqilla Pirly Naidy, mahasiswi Program Studi Agribisnis, Universitas Diponegoro. Antusiasme dari ibu-ibu KWT yang hadir saat kegiatan sosialisasi pembuatan POC ini dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait kegiatan tersebut dan partisipasi dalam demonstrasi pembuatan POC. "Sosialisasi dan demonstrasi pembuatan POC sangat membantu menambah ilmu baru bagi kami supaya sampah sayuran dapat dimanfaatkan dengan baik" ujar Bu Parni selaku anggota KWT Desa Pengkol.

Kedepannya dari kegiatan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan POC ini diharapkan dapat diaplikasikan dengan baik dan berkelanjutan. Keberlanjutan kegiatan ini diharapkan agar dapat bermanfaat dari segi ekonomi dan dapat menjaga lingkungan dari pemanfaatkan limbah sampah organik rumah tangga.



Penulis : 
Aqilla Pirly Naidy 
(Agribisnis_Fakultas Peternakan dan Pertanian)

Dosen Pendamping Lapangan: 
Dr. Ir. Yoyok Budi Pramono S.Pt. M.P., IPM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon