Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Lakukan Pembuatan Herbisida Ramah Lingkungan dari Cuka

 
Foto produk herbisida bersama ibu-ibu PKK


Campusnesia.co.id - Kholifatyas Edria Sahrazmi, mahasiswa Kimia Universitas Diponegoro melakukan program praktik pembuatan herbisida ramah lingkungan bersama ibu-ibu PKK di Kelurahan Joyotakan Kota Surakarta. Program ini dilakukan atas dasar kepedulian penulis terhadap lingkungan di Kelurahan Joyotakan. 

Program ini dilakukan pada Selasa (23/07/2024) di RW 2 Kelurahan Joyotakan tepatnya di Posyandu “Dahlia” yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK. Program ini diawali dengan penjelasan singkat mengenai dampak obat kimia untuk rumput seperti roundup bagi lingkungan sekitar. 

Program ini menarik perhatian ibu-ibu karena mudah dilakukan dan berguna untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu, alat dan bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan sehingga mempermudah ibu-ibu apabila ingin membuat secara mandiri di rumah. 
Herbisida ini dibuat dengan mencampurkan biang cuka 99%, air, garam, serta sabun cuci piring. 

Cuka mampu menghambat penyerapan nutrisi tanaman dari tanah sedangkan garam menarik kandungan air dari tanaman sehingga membuat tanaman mengering perlahan. Sabun cuci piring berperan sebagai surfaktan yang membantu penyerapan cuka ke dalam sel-sel tanaman. Kombinasi tersebut membuat tanaman mati karena kekurangan nutrisi dan air. Selain itu, herbisida yang dibuat juga dapat digunakan sebagai pembersih kamar mandi yang efektif. Cuka tidak beracun dan bersifat ramah lingkungan dibandingkan dengan roundup karena cuka dapat terurai secara hayati.

“Program ini sangat bermanfaat terutama bagi kami ibu-ibu rumah tangga karena dengan alat dan bahan yang sederhana dapat membuat herbisida dan pembersih kamar mandi” ujar salah satu ibu-ibu PKK yang berpartisipasi. 

 
Foto before-after 
penyemprotan produk herbisida ke rumput liar



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon