Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Desa Krendowahono Melakukan Edukasi Ke Ibu- ibu yang Memiliki Anak Balita Terkait Membangun Pola Asuh yang Sehat untuk Mencegah Stunting

 

Campusnesia.co.idKrendowahono, Kabupaten Karanganyar - Pada tanggal 3 Agustus 2024, Tim 2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan program kerja "Membangun Pola Asuh yang Sehat untuk Mencegah Stunting pada Anak" di Desa Krendowahono. Acara ini dilaksanakan di rumah Kepala Dusun Ngrawan dan dihadiri oleh ibu-ibu yang memiliki anak balita.

Kegiatan dimulai dengan presentasi materi yang disampaikan oleh anggota Tim 2 KKN Undip dari Fakultas Psikologi. Presentasi ini memfokuskan pada pentingnya pola asuh yang sehat dan bagaimana pola makan yang bergizi dapat mencegah stunting pada anak. Materi mencakup informasi mengenai kebutuhan nutrisi anak balita, tanda-tanda stunting, dan cara-cara praktis untuk memastikan anak mendapatkan gizi yang cukup.

Setelah presentasi, sesi tanya jawab dibuka untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan. Ibu-ibu yang hadir mengajukan berbagai pertanyaan terkait praktik sehari-hari dan tips untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Diskusi ini berlangsung interaktif dan memberikan solusi praktis untuk tantangan yang sering dihadapi dalam pola asuh anak.

Sebagai bagian dari acara, diadakan juga permainan edukatif yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta dengan cara yang menyenangkan. Games ini dirancang untuk memperkenalkan informasi tentang nutrisi dan pola asuh sehat dengan cara yang interaktif. Peserta yang berhasil dalam games berkesempatan untuk memenangkan hadiah, dengan total sepuluh hadiah berupa sembako.


Pada akhir acara, setiap peserta menerima goodie bag yang berisi berbagai makanan bergizi dan nutrisi penting untuk mendukung pencegahan stunting. Goodie bag ini diharapkan dapat membantu ibu-ibu dalam memberikan asupan yang sehat dan bergizi kepada anak-anak mereka dan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan. Tim KKN Undip berharap bahwa melalui program ini, masyarakat Desa Krendowahono dapat lebih memahami pentingnya pola asuh dan gizi yang seimbang untuk mencegah stunting pada anak-anak mereka.



Penulis : 
Tim II KKN Universitas Diponegoro 
Desa Krendowahono

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon