Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Menggelar Pelatihan Pendaftaran Merek Usaha Dagang Bagi Pelaku Usaha Kecil di Kelurahan Kemlayan


Campusnesia.co.id - Kemlayan, Kota Surakarta (11/08/2024), mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro menggelar kegiatan pelatihan pendaftaran merek usaha dagang bagi pelaku usaha kecil di Kelurahan Kemlayan, Kota Surakarta. Kegiatan ini bertempat di Aula Kelurahan Kemlayan dengan dihadiri oleh 29 peserta, yang terdiri dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal serta masyarakat umum yang tertarik untuk memulai usaha yang tergabung dalam TPKKEL

Pendaftaran merek merupakan suatu hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh pelaku usaha khususnya pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM). Hal ini bertujuan untuk memberikan jaminan perlindungan hukum bagi pelaku usaha agar merek usaha dagangnya tidak digunakan oleh pihak lain. Selain perlindungan hukum, ternyata masih ada tujuan lain dari pendaftaran merek. Yaitu sebagai tanda pengenal usaha yang dapat memberikan identitas unik dari usahanya untuk membedakan produk atau jasa tertentu. Pemilik merek juga memiliki hak ekslusif atas mereknya untuk menggunakan merek tersebut dalam perdagannnya sesuai dengan kelas dan jenis barang atau jasa yang sudah terdaftar.

Kelurahan Kemlayan, Kota Surakarta telah menjadi suatu pusat pertokoan besar. Namun, pelatihan merek yang dilakukan oleh Rizky Gunawan mahasiswa Fakultas Hukum ini lebih mengkerucutkan program monodisiplinnya kepada pelaku UMKM. Pelaku UMKM yang menjadi sasaran adalah beberapa pedagang yang tergabung dalam Street Food Kemlayan serta pelaku UMKM yang berdomisili di Kelurahan Kemlayan. 

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya pendaftaran merek dagang sebagai upaya perlindungan hukum bagi pelaku usaha. Dalam acara ini, mahasiswa KKN bekerja sama dengan TPKKEL. Pelatihan Pendaftaran merek yang dibawakan ini telah sesuai dengan Permenkumham No. 67 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Merek.


Materi yang disampaikan meliputi pengenalan konsep merek, proses pendaftaran merek, serta manfaat yang dapat diperoleh pelaku usaha setelah merek mereka terdaftar secara resmi. Serta diberikan pemahaman syarat dokumen yang diperlukan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa KKN yang sesuai dengan tema besar KKN yaitu Pemberdayaan Masyarakat secara inklusif melalui potensi unggulan. Dengan tema besar tersebut diharapakan dapat membantu pengembangan ekonomi desa dan mendukung pemberdayaan masyarakat melalui edukasi dan pendampingan. 

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan semakin banyak pelaku usaha di Kelurahan Kemlayan yang memiliki merek dagang yang terdaftar, sehingga usaha mereka dapat lebih berkembang dan terlindungi secara hukum.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon