Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Memasifkan Publikasi Merti Dusun Seworan Sebagai Bentuk Pelestarian Tradisi Desa



Campusnesia.co.idDesa Ketoyan, Wonosegoro, Boyolali (06/08/21) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) berkesempatan untuk berperan aktif dalam melestarikan budaya lokal dengan mengikuti kegiatan Merti Dusun yang berlangsung di Dusun Seworan, Desa Ketoyan, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali. Merti Dusun atau biasa disebut Bersih Dusun/Desa merupakan salah satu tradisi adat turun temurun yang memiliki makna penting bagi Masyarakat Dusun Seworan. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas hasil panen dan rezeki yang diberikan, serta memohon perlindungan dan keberkahan bagi desa dan seluruh warganya. Acara ini rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada hari Selasa Kliwon di waktu Suro atau bulan Muharram.

Kegiatan ini diawali dengan tirakatan dan santunan anak yatim pada malam hari sebelum persembahan hasil bumi diberikan. Lalu dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit di pagi harinya. Acara puncak dilakukan pada pukul 13.00 WIB dengan kegiatan karnaval dan arak-arakan kreasi ancak yang sangat kreatif dari masing-masing RT. Barisan pertama diawali dengan RT 01 lalu diikuti dengan RT-RT selanjutnya yang berjalan menyesuaikan jalur yang sudah ditentukan yakni memutari Dusun Seworan. Sepanjang perjalanan, barisan masing-masing RT menyajikan berbagai penampilan menarik seperti yel-yel dan gerakan formasi untuk memeriahkan acara Merti Dusun. Kemudian sampai pada titik yang sudah ditentukan, acara dilanjutkan dengan penampilan dari masing-masing RT. Setelah itu dilaksanakan sesi perebutan hasil bumi pada masing-masing ancak yang dibawa oleh masing-masing RT. Dilanjutkan, pada malam harinya acara ini ditutup dengan pelaksanaan pagelaran wayang kulit. 


Partisipasi mahasiswa KKN Tim II Undip dalam kegiatan ini ialah melakukan publikasi pada platform Youtube sebagai media untuk mempromosikan serta menyebarluaskan potensi budaya yang ada di Desa Ketoyan agar lebih dikenal oleh khalayak umum. Mahasiswa membuat akun pribadi untuk Desa Ketoyan yang bernama @desa_ketoyan. Di laman Youtube tersebut terdapat dokumentasi tiap RT dalam mempersiapkan persembahan mereka untuk Merti Dusun hingga puncak acara dimana mereka menampilkan penampilan yang menarik dan kreatif.

Tujuan Mahasiswa KKN Undip berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu tidak hanya untuk mendukung pelestarian budaya lokal, tetapi juga sebagai wujud nyata pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa KKN dilibatkan dalam acara mulai dari persiapan hingga puncak acara sehingga mahasiswa dapat memberikan kontribusi dalam menjaga nilai-nilai luhur yang diwariskan secara turun-temurun. Harapannya, kegiatan ini dapat terus berlanjut di masa mendatang dan menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk terlibat aktif dalam melestarikan warisan budaya bangsa.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon