Mahasiswa KKN UNDIP Wujudkan Program Kerja Pemanfaatan Limbah Budidaya menjadi Pupuk Organik Cair di Desa Kebak

 
(Prototype desain wadah fermentasi 
untuk pupuk organik cair)


Campusnesia.co.id - Desa Kebak, 8 Agustus 2024. Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro telah mewujudkan program kerja inovatif dengan memanfaatkan limbah budidaya untuk dijadikan pupuk organik cair. Program ini merupakan bagian upaya untuk mendukung budidaya yang berkelanjutan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan limbah yang ramah lingkungan.

Dalam melaksanakan program ini mahasiswa bekerja sama dengan pelaku budidaya lokal untuk mengumpulkan limbah budidaya. Limbah tersebut berikutnya diolah menjadi pupuk organik cair melalui proses fermentasi yang melibatkan mikroorganisme. Pupuk yang dihasilkan memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermafaat untuk meningkatkan kesuburan tanah dan kualitas tanaman.

Pupuk organik cair yang dihasilkan dari proses fermentasi. Fermentasi merupakan proses biokimia dimana bakteri dan jamur menguraikan bahan organik menjadi bentuk yang lebih sederhana. Selain ramah lingkungan pupuk organik cair juga berpotensi meningkatkan kesuburan tanah dan hasil pertanian. Mahasiswa berharap inovasi ini dapat diaplikasikan oleh masyarakat luas, terutama para pembudidaya dan ibu rumah tangga untuk mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia yang dapat merusak dan mencemari lingkungan sekitar. 
 


(Penyerahan Leaflet oleh 
Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 
Kepada Ibu-ibu PKK di Dsn. Kebak)

Program kerja ini mendapat sambutan dan apresiasi hangat dari pihak masyarakat di Desa Kebak, terutama ibu ibu PKK yang tertarik pada tanaman. Pelaksaan program ini banyak anggota PKK yang antusia terhadap program ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti “berapa lama proses fermentasinya?”, “apakah hanya limbah budidaya yang dapat digunakan untuk dijadikan pupuk organik cair”, dan pertanyaan lainnya. Selain membantu mengurangi biaya produksi, pupuk organik cair juga mendukung upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Program ini adalah salah satu langkah nyata mahasiswa dalam mewujudkan komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui inovasi berbasis ilmu pengetahuan. Dengan adanya program ini diharapkan semakin banyak pelaku budidaya dan pelaku yang bergerak di sektor pertanian ataupun sejenisnya yang beralih menggunakan pupuk organik cair, sehingga mampu mewujudkan budidaya dan pertanian yang berkelanjutn dan ramah lingkungan.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon