Mahasiswa KKN UNDIP Tim 2 Kenalkan Pemanfaatan Aplikasi Scanner Dalam Mengelola Arsip Keluarga




Campusnesia.co.idDesa Pakisan, Sabtu (3/8/2024) - Shabrina Tiarani Hidayat, Mahasiswa KKN Prodi Statistika dari Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja berupa Pemanfaatan Aplikasi Scanner untuk Mengelola Arsip Keluarga: Solusi Praktis di Era Digital.

Tujuan utama dari program kerja ini, yaitu mengajak perangkat desa maupun warga Desa Pakisan agar tidak hanya menyimpan arsip keluarga dalam bentuk fisik saja, tetapi memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana penyimpanan yang lebih efisien dan aman
Melalui program kerja ini, Shabrina Tiarani Hidayat memberikan edukasi dan pendampingan kepada perangkat desa dan warga Bandungrejo RT 03 tentang pentingnya mengelola arsip keluarga secara digital. Dengan memanfaatkan aplikasi scanner, warga dapat memindai dokumen penting seperti Kartu Keluarga (KK) dan menyimpannya dalam bentuk digital, misalnya di Google Drive.

Warga Desa Pakisan masih banyak yang menyimpan arsip keluarga secara manual. Padahal, cara ini rentan terhadap kerusakan dan kehilangan, sehingga Mahasiswa Tim 2 KKN Undip, Shabrina Tiarani Hidayat melaksanakan program kerja tersebut.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada Sabtu, 3 Agustus 2024, Shabrina Tiarani Hidayat tidak hanya memberikan teori, tetapi juga praktik langsung. Warga diajarkan cara menggunakan aplikasi scanner, mulai dari persiapan dokumen hingga penyimpanan file digital. Selain itu, membagikan leaflet sebagai panduan.

"Saya sangat senang dengan program ini. Sekarang saya tidak perlu khawatir lagi kalau-kalau dokumen penting hilang," ungkap Pak Lilik, salah satu warga yang mengikuti kegiatan.



Penulis :
Shabrina Tiarani Hidayat

DPL : 
Dr. Sunarno, S.Si., M.Si

Lokasi KKN : 
Desa Pakisan. Kec. Cawas, Kab. Klaten

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon