Mahasiswa KKN UNDIP Sulap Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Cair Organik (POC)


Foto 1. Foto Bersama KWT Desa Pojok 
dan Mahasiswa KKN

Campusnesia.co.id - Pojok, 20 Juli 2024 - Seorang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP Tim II yakni Putri Nur Rahmania dari Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, telah mengadakan pelatihan yang dikhususkan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Pojok pada tanggal 20 Juli 2024. Kegiatan yang berjudul “Pelatihan Pembuatan Limbah Air Cucian Beras sebagai Pupuk Organik Cair (POC)” dilaksanakan di Dusun Jempino, Desa Pojok, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar dan diikuti oleh anggota KWT berjumlah 18 orang. Pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan kumpul rutin KWT setiap bulannya.

Permasalahan utama yang menjadi sorotan adalah air cucian beras yang umumnya dibuang begitu saja menjadi limbah rumah tangga. Padahal, air cucian beras memiliki manfaat lain apabila diolah dengan benar. Air cucian beras yang merupakan limbah rumah tangga dapat disulap menjadi penyubur tanah dan perangsang pertumbuhan tanaman. Selain itu, pembuatan POC air cucian beras dapat menjadi upaya melestarikan lingkungan karena mengurangi penggunaan pupuk kimia dan mengurangi limbah rumah tangga. Berdasarkan permasalahan dan potensi tersebut, maka disusunlah program pemanfaatan air cucian beras oleh mahasiswa KKN UNDIP tim II yang berasal dari Fakultas Peternakan dan Pertanian.  Program ini mengaplikasikan konsep pertanian organik yang telah dipelajari dalam ilmu pertanian. 

 
Foto 2. Pemaparan Materi dan Demonstrasi 
Pembuatan POC Air Cucian Limbah

Kegiatan pelatihan dimulai dengan pembagian media informatif berupa leaflet kepada seluruh anggota KWT yang berisi informasi mengenai POC berbahan dasar air cucian beras. Leaflet memuat alat dan bahan yang dibutuhkan, langkah pembuatan produk, manfaat produk, dan cara pemakaian produk yang baik. Media ini diberikan agar anggota KWT dapat memahami lebih mudah dan kapan saja sebab leaflet tersebut dapat dibawa pulang.

Pemaparan materi dilakukan melalui demonstrasi pembuatan POC air cucian beras secara langsung. Demonstrasi ini berlangsung dimulai dari perkenalan alat dan bahan, pencampuran seluruh bahan, dan pengadukan hingga seluruh bahan tercampur rata. Demonstrasi pembuatan produk berlangsung dengan hikmat dan mendapatkan perhatian sepenuhnya oleh ibu-ibu KWT Desa Pojok. Setelah itu, dilakukan sesi diskusi yang ditanggapi dengan antusiasme tinggi oleh anggota KWT yang aktif bertanya kepada pemateri. 

Kegiatan pelatihan pembuatan POC air cucian beras berakhir dengan memasuki sesi dokumentasi yakni foto bersama antar anggota KWT dengan mahasiswa KKN. Target sasaran terlihat sangat senang dengan kegiatan yang telah dilakukan. Selanjutnya, dilakukan penyerahan POC air cucian beras kepada perwakilan anggota KWT sebagai bentuk tindak lanjut dari program ini. Melalui pelatihan ini, diharapkan KWT Desa Pojok dapat memanfaatkan limbah rumah tangga air cucian beras untuk mendorong pertumbuhan pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.




Penulis: 
Putri Nur Rahmania

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon