Mahasiswa KKN Undip Perkenalkan Aplikasi Money+ sebagai Solusi Cerdas Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga




Campusnesia.co.idPengilon, (07/08/2024) - Pencatatan keuangan rumah tangga sering kali dihadapi berbagai masalah yang berdampak pada stabilitas finansial pada rumah tangga akibat kurangnya kesadaran dan kebiasaan mencatat. Terlebih, hampir seluruh ibu rumah tangga di Desa Pengilon, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung masih bergantung pada pencatatan secara manual yaitu mencatat di buku. Sebagai bagian dari upaya ini, Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Desa Pengilon Tahun 2023/2024, Rahmah Tri Rosanti Rahayu dari Program Studi Akuntansi Perpajakan membantu mengedukasi Ibu-Ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam mengelola keuangan rumah tangganya menjadi lebih efisien dan menghindari kesalahan. Kegiatan edukasi ini dilaksanakan di Balai Desa Pengilon pada hari Rabu, 24 Juli 2024.
 
Ibu-ibu PKK diberikan modul pengelolaan keuangan rumah tangga sebagai panduan praktis dalam menerapkan dikehidupan sehari-hari. Kegiatan edukasi ini dimulai dari materi mengenai pengelolaan keuangan rumah tangga, manfaat dan fungsi pengelolaan keuangan serta cara melakukan pengelolaan keuangan. Kemudian, Ibu-ibu PKK diperkenalkan dengan pengelolaan keuangan dalam sistem digital menggunakan aplikasi Money+.


Aplikasi Money+ merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mencatat, memantau, dan mengelola keuangan keluarga secara lebih efektif dan efisien. Aplikasi Money+ memiliki fitur pencatatan keuangan secara real-time baik pengeluaran maupun catatan pemasukan. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur untuk budgeting bulanan sehingga memudahkan pengguna terutama seorang ibu rumah tangga untuk mengalokasikan uang untuk berbagai macam kebutuhan hingga alokasi untuk investasi. Aplikasi ini tentunya memudahkan pengguna dalam mengambil keputusan keuangan rumah tangga yang lebih bijak.

Tidak hanya edukasi pengelolaan keuangan dan pengenalan aplikasi Money+, Rahmah Tri Rosanti Rahayu selaku Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Desa Pengilon Tahun 2023/2024 dari Program Studi Akuntansi Perpajakan juga mempraktikkan penggunaan aplikasi Money+ dimana ibu-ibu PKK diajak untuk mengunduh dan mencoba fitur yang ada dengan membuat anggaran rumah tangga baik pengeluaran maupun pemasukan bulanan. Pelaksanaan praktik langsung ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pemahaman secara langsung kepada ibu-ibu PKK agar lebih mudah memahami cara penggunaan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.
 
Secara keseluruhan, acara edukasi oleh Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Desa Pengilon Tahun 2023/2024 ini berhasil memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi ibu-ibu PKK dalam mengelola keuangan rumah tangga dengan bantuan teknologi digital. Ibu-ibu PKK diharapkan mampu mengelola keuangan dengan bijak sehingga keuangan rumah tangga mencapai kondisi stabilitas finansial, berkurangnya risiko utang, serta mempersiapkan masa depan yang lebih aman. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon