Mahasiswa KKN Undip Perkenalkan Strategi Manajemen Risiko Untuk Keberlangsungan UMKM di Desa Wonokerto




Campusnesia.co.id -  Kabupaten Batang - 25 Juli hingga 27 Juli 2024 mahasiswa KKN Undip mengadakan program pemberdayaan masyarakat terhadap UMKM terkait strategi manajemen risiko. UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang memenuhi kriteria usaha mikro. Desa Wonokerto, Kecamatan Bandar merupakan salah satu desa yang mempunyai potensi berbasis ekonomi yang kuat karena banyaknya jumlah pelaku UMKM kurang lebih 500 pelaku usaha. 

Dengan pemanfaatan potensi desa yang dimiliki, sebagian besar pelaku UMKM menjual produk keripik singkong, keripik pisang dan sale pisang. Selain itu, desa Wonokerto juga memiliki beberapa pabrik tapioka, pabrik tahu serta pabrik tempe. Namun dalam perkembangannya, masih banyak pelaku UMKM yang belum mampu mengembangkan usaha atau bisnisnya secara maksimal.

Oleh karena itu, pengembangan kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah seharusnya disertai dengan strategi manajemen serta mitigasi risiko supaya pelaku UMKM dapat bertahan dalam kondisi yang tidak stabil sekalipun. Manajemen Risiko merupakan pendekatan dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman melalui analisis, pengelolaan serta pengendalian risiko Dengan ini, mahasiswa KKN Undip 2024 Ana Nur Laili Ari Antika, melakukan pemberdayaan terkait pentingnya manajemen risiko bagi pelaku UMKM sebagai program kerja monodisiplin yang berjudul “Manajemen Risiko Sebagai Peningkatan Kelangsungan Pada Pelaku UMKM Desa Wonokerto” 

Program tersebut dilaksanakan secara door to door pada pelaku UMKM Desa Wonokerto dengan membagikan leaflet. Strategi penerapan manajemen risiko pada UMKM di Desa Wonokerto dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Memahami tujuan serta manfaat manajemen risiko bagi UMKM

2. Memahami langkah-langkah penerapan manajemen risiko bagi UMKM

3. Mengetahui kegagalan UMKM apabila tidak menerapkan manajemen risiko

4. Mengetahui cara sederhana UMKM menerapkan manajemen risiko


Oleh karena itu, para pelaku UMKM harus lebih memperhatikan terkait risiko-risiko yang terjadi dalam usahanya, sehingga ketika dihadapkan dengan salah satu risiko segera sigap untuk menangani. Meskipun perkembangan teknologi semakin pesat, tidak menutup kemungkinan  dapat memprediksi risiko yang akan berpotensi dalam suatu usaha. Dengan demikian, perlu adanya bekal terkait pengelolaan serta pengendalian risiko agar tidak terjadi kerugian terhadap usahanya. 



Penulis : 
Ana Nur Laili Ari Antika / Administrasi Publik

Editor :
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon