Mahasiswa KKN UNDIP Mengenalkan Visualisasi Data dalam Bentuk Infografis di Desa Kadipaten

 
Gambar 1 - Pembuatan Infografis kependudukan 
untuk Pemerintah Desa Kadipaten, Selasa (30/07/2024), 
(foto: dokumentasi pribadi)

Campusnesia.co.idPekalongan, Selasa (30/07/2024) – KKN Tim II Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja infografis kependudukan di Desa Kadipaten.

Infografis data kependudukan hadir sebagai alat visual yang efektif untuk menyajikan informasi kompleks tentang demografi suatu wilayah. Dengan menggabungkan data numerik dan elemen visual yang menarik, infografis mampu menyederhanakan data yang rumit sehingga mudah dipahami oleh berbagai kalangan. Umumnya dalam infografis data kependudukan menampilkan berbagai elemen visual seperti diagram batang, grafik garis, peta, dan ikon. Elemen-elemen ini berfungsi untuk menggambarkan perbandingan, perubahan seiring waktu, distribusi geografis, dan informasi kategoris.

Berdasarkan kegiatan obeservasi lapangan di Kantor Kepala Desa Kadipaten, kondisi kantor Desa Kadipaten memiliki data kependudukan untuk tahun 2024. Akan tetapi, belum ada informasi mengenai penduduk Desa Kadipaten dalam bentuk visualisasi data.

Sebagai upaya dalam melaksanakan pengenalan informasi penduduk dalam bentuk visualisasi data, mahasiswa KKN TIM II UNDIP memiliki inisiatif untuk melakukan pembuatan infografis demografi penduduk desa kadipaten. Hal tersebut bertujuan agar dapat memberikan manfaat bagi perangkat desa serta penduduk desa kadipaten agar dapat merumuskan kebijakan dengan lebih mudah dan tepat sasaran.

Kegiatan yang dilakukan oleh Muhammad Revido Azwan sebagai mahasiswa KKN dai program studi Matematika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro dengan membuat infografis yang informatif dan relevan.

Infografis demografi penduduk Desa Kadipaten ini menjadi acuan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang berkaitan dengan desa. Pelaksanaan kegiatan ini pembuatan infografis desa didukung penuh oleh Pemerintah Desa Kadipaten sebagai langkah untuk membuat kebijakan desa dengan tepat sasaran.

“Pembuatan Infografis penduduk desa ini sangat membantu kami untuk upaya meningkatkan transparansi publik serta menyebarkan informasi yang mudah dipahami oleh penduduk desa kadipaten,” ujar Faiz Makmun sebagai Kepala Desa Kadipaten.

Harapan dari program pembuatan infografis dapat membantu penduduk desa untuk mudah memahami data dalam bentuk visualisasi data serta meningkatkan kinerja Pemerintah Desa Kadipaten dapat merumuskan dan membuat kebijakan dengan tepat tujuan untuk meningkatkan  kesejahteraan penduduk desa kadipaten.

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro pada kegiatan “Infografis Demografis Penduduk Desa Kadipaten”.



Penulis: 
Muhammad Revido Azwan

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Ni Kadek Dita Cahyani, S.Si, M.Si, Ph.D.

Lokasi: 
Desa Kadipaten Kecamatan Wiradesa,Kabupaten Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon