Mahasiswa KKN Undip Menerapkan Marketing Mix 4P pada UMKM Desa: Langkah Menuju Peningkatan Penjualan dan Kepuasan Pelanggan




Campusnesia.co.idDusun Nglarangan Desa Candimulyo, 11 Agustus 2024 - Dalam upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui Unit Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), penerapan strategi pemasaran yang efektif menjadi sangat penting. Metode Marketing Mix 4P (Product, Price, Place, Promotion) adalah salah satu pendekatan yang terbukti efektif dalam mengoptimalkan strategi pemasaran UMKM. UMKM desa seringkali menghadapi berbagai tantangan dalam bersaing dengan produk dari luar desa. Tantangan ini meliputi masalah pemasaran, harga, distribusi, dan promosi. Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro akan mengulas bagaimana penerapan Marketing Mix 4P pada UMKM di desa dapat menjadi langkah strategis untuk peningkatan penjualan dan kepuasan pelanggan. 

Mahasiswa KKN Undip berfokus mengembangkan UMKM yang menjadi salah satu UMKM unggulan di Desa Candimulyo yaitu UMKM Melonia yang berada di Dusun Nglarangan. UMKM ini memproduksi permen dengan rasa milo. Produk ini sudah memiliki lingkup pasar di seluruh Indonesia. Namun, pemasaran hanya dilakukan melalui cara offline karena kurangnya ilmu dalam penggunaan media sosial. Disini mahasiswa KKN Undip ini bertindak untuk mengajarkan penggunaan media sosial untuk peningkatan penjualan.

Selama implementasi, beberapa tantangan yang dihadapi termasuk resistensi terhadap perubahan dari beberapa pelaku UMKM dan keterbatasan sumber daya untuk promosi. Solusi yang diterapkan mahasiswa KKN Undip meliputi pelatihan dan dukungan berkelanjutan untuk membangun kepercayaan dan keterampilan dalam penerapan strategi pemasaran.

Program ini mencakup tiga tahapan utama, yaitu sosialisasi penyampaian materi tentang Marketing Mix 4P, aksi penggunaan media sosial dalam peningkatan penjualan, dan monitoring keberjalanan aktivitas penjualan. Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi tentang Marketing Mix 4P. Mahasiswa KKN menyampaikan terkait dengan pentingnya penerapan Marketing Mix 4P hingga relevansi terkait peningkatan capaian penjualan. Mahasiswa KKN juga bekerja sama dan memberdayakan para pekerja untuk memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana penjualan. Hal ini turut dilakukan agar dapat berkelanjutan.

 
Pelaku UMKM diharapkan untuk terus menerapkan prinsip-prinsip ini dan beradaptasi dengan perubahan pasar. Rekomendasi untuk keberlanjutan termasuk melakukan evaluasi berkala terhadap strategi pemasaran dan melibatkan pelanggan dalam proses pengembangan produk.



Penulis:
Dimas Maulana Adhi Nugraha
TeknikIndustri


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon