Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi Digital Kepada Siswa-Siswi SMP Negeri 8 Pemalang



Campusnesia.co.idTanggal 22 Juli 2024 - 24 Juli 2024 di Desa Kramat, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Dalam rangka meningkatkan keterampilan digital dan kesiapan masyarakat menghadapi era globalisasi, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) melaksanakan serangkaian kegiatan multidisiplin di Desa Kramat. Program ini dilaksanakan pada 22 hingga 24 Juli 2024 dengan tema utama “Pengaruh Globalisasi di Era Digitalisasi dan Pembelajaran Microsoft Office”. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi informasi serta keterampilan praktis dalam menggunakan perangkat lunak perkantoran yang relevan di era digital saat ini. 

Kegiatan dimulai dengan melakukan sosialisasi kepada warga sekolah SMP Negri 8 Pemalang. Para mahasiswa KKN memaparkan tujuan kegiatan, manfaat bagi siswa-siswi, serta jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan. Pembukaan ini diadakan di kantor kepala sekolah SMP Negeri 8 Pemalang dengan antusiasme yang tinggi dari jajaran guru SMP tersebut. Setelah sosialisasi, program kerja ini membahas mengenai dampak globalisasi di era digitalisasi pada kehidupan sehari-hari, diskusi mengenai peran teknologi dan memfasilitasi komunikasi dan akses informasi, serta pelatihan dengan menggunakan Microsoft Office menggunakan ilmu-ilmu dasarnya. 

 
Pelaksanaan program kerja ini dilakukan menjadi dua sesi dalam dua hari yaitu pada hari Senin, 22 Juli 2024 ditujukan kepada siswa-siswi kelas 8, sedangkan di hari Rabu 24 Juli 2024 ditujukan kepada siswa-siswi kelas 9. Selama sosialisasi berlangsung terdapat antusias yang tinggi dari siswa-siwi tersebut. Mengenai pelatihan dasar Microsoft Office difokuskan untuk meningkatkan keterampilan computer warga desa yang meliputi Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Para peserta diajak untuk mempraktikan modul secara langsung dengan bimbingan dari mahasiswa KKN. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa-siswi untuk memahami dan memanfaatkan perangkat lunak ini dalam kegiatan sehari-hari. Mahasiswa juga mengumpulkan umpan balik dari peserta untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas pelatihan. 

 

Kegiatan program kerja multidisiplin oleh mahasiswa KKN UNDIP ini telah memberikan dampak positif bagi siswa-siswi SMP Negeri 8 Pemalang. Melalui sosialisasi serta pelatihan mengenai digitalisasi dan penggunaan Microsoft Office, diharapkan bahwa siswa-siswi disini lebih bijak dan siap menghadapi tantangan globalisasi dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas mereka. Kegiatan ini juga mencerminkan komitmen mahasiswa KKN UNDIP untuk berkontribusi secara langsung terhadap pemberdayaan siswa-siswi di era digital. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon