Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Mengurangi Masalah Lingkungan, Gelar Pemberian Edukasi Pengelolaan Limbah Minyak Jelantah menjadi Lilin Aromaterapi di Pasar Kliwon

 
Kegiatan Pemberian Edukasi Pengelolaan Limbah Minyak Jelantah 
Menjadi Lilin Aromaterapi

Campusnesia.co.idKelurahan Pasar Kliwon, Kota Surakarta - Mahasiwa Universitas Diponegoro (UNDIP) melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan program kerja berupa pemberian edukasi pengelolaan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi kepada ibu- ibu PKK. Pelaksanaan program kerja ini dilakukan pada hari Jumat, 26 Juli 2024 yang diselenggarakan di pendopo Kelurahan Pasar Kliwon. Program kerja ini merupakan salah satu upaya mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) dalam membantu mengurangi permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan limbah, yang dapat mencemari lingkungan sekitar. Alasan pemilihan program kerja ini adalah karena kegiatan yang dilakukan mudah untuk diikuti dan audiens sangat berkaitan erat dengan limbah yang diolah.

Kegiatan pemberian edukasi pengelolaan limbah minyak jelantah diselenggarakan dengan metode pemaparan produk hasil pengelolaan limbah minyak jelantah dan demo proses pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah. Harapannya metode tersebut dapat mempermudah audiens dalam memahami materi yang disampaikan. Sesi pemaparan, mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) menjelaskan nilai fungsi dan guna dari lilin aromaterapi sebagai inovasi produk dari limbah minyak jelantah. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi demo pembuatan lilin aromaterapi, mahasiwa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) menunjukkan proses pembuatan lilin aromaterapi.

Kegiatan pemberian edukasi pengelolaan limbah kertas mendapat respon positif dari ibu-ibu PKK selaku audiens kegiatan. Ibu-ibu PKK sangat aktif dalam mengikuti kegiatan tersebut, dibuktikan dengan adanya audiens yang mengajukan diri untuk ikut serta dalam demo pembuatan lilin aromaterapi. Audiens juga aktif bertanya dan memberikan saran, sehingga terjadi komunikasi dua arah antara mahasiswa dan audiens.

Dalam kegiatan ini membuktikan bahwa mahasiswa memainkan peran yang cukup penting dalam membantu pemerintah mengurangi permasalahan lingkungan terkait dengan limbah minyak jelantah. Para mahasiwa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) memberikan bukti nyata bahwa mereka menerapkan ilmu yang mereka dapat untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi masalah lingkungan. Antusiasme mahasiswa yang ikut kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa mereka siap menjadi bagian dalam upaya pengurangan permasalahan lingkungan. Selain itu, antusiasme dari audiens juga menjadi bukti bahwa masih ada banyak orang yang peduli dengan permasalahan lingkungan.

”Pengelolaan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi ternyata cukup mudah diikuti, bahan dan alat yang digunakan juga mudah untuk ditemukan.” ujar salah satu mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Foto Bersama dengan Audiens

Singkatnya, kegiatan pemberian edukasi pengelolaan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi kepada ibu-ibu PKK yang diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) membuktikan kepedulian mahasiswa pada permasalahan lingkungan. Antusiasme mahasiswa dan audiens menjadi bukti bahwa mereka siap menjadi bagian dalam upaya mengurangi masalah lingkungan, terutama permasalahan limbah yang dapat mencemari lingkungan.



Penulis : 
Intan Prasita Aulia Devi / Biologi / Fakultas Sains dan Matematika 

Dosen Pembimbing :
1. Agus Naryoso., S.Sos., M.Si
2. Rissa Anandita, S.E., M.Ak., Ak., CA 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon