Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Mengurangi Masalah Lingkungan, Gelar Pemberian Edukasi Pengelolaan Limbah Kertas di Pasar Kliwon

 
Sesi Praktek Langsung yang Dilakukan Anak-Anak


Campusnesia.co.idKelurahan Pasar Kliwon, Kota Surakarta – Mahasiwa Universitas Diponegoro (UNDIP) melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan program kerja berupa pemberian edukasi pengelolaan limbah kertas dengan target audiens adalah anak-anak. Pelaksanaan program kerja ini dilakukan pada hari Rabu, 31 Juli 2024 di Taman Baca yang berada di RW 3 kelurahan setempat. Program kerja ini merupakan salah satu upaya mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) untuk membantu mengurangi permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan limbah, yang dapat mencemari lingkungan sekitar. Alasan pemilihan program kerja ini adalah karena kegiatan yang dilakukan cukup sederhana dan mudah untuk diikuti.

Kegiatan pemberian edukasi pengelolaan limbah kertas diselenggarakan dengan metode pemberian edukasi dan praktek langsung dari audiens. Harapannya metode tersebut dapat menarik perhatian dan mempermudah anak-anak dalam memahami materi yang diberikan. Dalam sesi edukasi, mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) memaparkan pengetahuan dan informasi tentang kondisi lingkungan saat ini dan strategi dalam mengurangi masalah lingkungan yang salah satunya adalah mengelola limbah kertas. Dilanjutkan dengan sesi praktek, mahasiwa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) cukup memberikan instruksi dan anak-anak sebagai audiens akan melakukan praktek langsung.

Kegiatan pemberian edukasi pengelolaan limbah kertas mendapat respon positif dari masyarakat setempat, terutama anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut. Ketua RT setempat mendukung upaya mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) dalam memberikan edukasi pengelolaan limbah kertas.

Hal ini menunjukkan betapa mahasiswa memainkan peran penting dalam membantu pemerintah dalam mengurangi permasalahan lingkungan terkait dengan limbah. Para mahasiwa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) memberikan bukti nyata bahwa mereka menerapkan ilmu yang mereka dapat untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi masalah lingkungan. Antusiasme mahasiswa yang ikut kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa mereka siap menjadi bagian dalam upaya pengurangan permasalahan lingkungan.

”Kegiatan pemberian edukasi pengelolaan limbah kertas yang dilaksanakan dengan praktek langsung merupakan kegiatan yang cukup menarik untuk diikuti, apalagi bagi anak-anak. Praktek yang dilakukan juga cukup sederhana dan mudah untuk diikuti anak-anak. Kegiatan ini menjadi salah satu strategi mengurangi permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan limbah, yang dapat mencemari lingkungan sekitar.” ujar salah satu mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.


Foto Bersama dengan Audiens 
dan Mahasiswa yang Ikut Berpartisipasi 

Kesimpulannya, kegiatan pemberian edukasi pengelolaan limbah kertas pada anak-anak yang diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) membuktikan betapa pentingnya peran mereka dalam membantu pemerintah dan masyarakat sekitar untuk mengurangi permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan limbah. Mereka membuktikan bahwa ilmu dan kepedulian yang didapatkan di universitas dapat digunakan untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi masalah lingkungan. Respon positif yang didapat membuktikan keberhasilan kegiatan yang dilakukan.



Penulis :
 Intan Prasita Aulia Devi / Biologi / Fakultas Sains dan Matematika 

Dosen Pembimbing :
1. Agus Naryoso., S.Sos., M.Si
2. Rissa Anandita, S.E., M.Ak., Ak., CA 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon