Mahasiswa KKN Undip Membantu Kegiatan Posyandu Lansia di Desa Hadiluwih




Campusnesia.co.id - KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2024 telah dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Juli 2024. Tim KKN disebar ke beberapa desa, salah satunya adalah desa Hadiluwih. Desa Hadiluwih memiliki kegiatan Posyandu rutin yang dilakukan setiap minggu dan kegiatan Posyandu yang dilakukan mulai dari Posyandu balita, Posyandu Remaja, hingga Posyandu Lansia. Pada kegiatan Posyandu Lansia, dilakukan kegiatan-kegiatan seperti senam lansia, penyuluhan kesehatan, dan skrining PTM (Penyakit Tidak Menular). 

Penyakit Tidak Menular merupakan penyakit yang hanya mempengaruhi diri sendiri dan tidak dapat ditularkan kepada orang lain ataupun ditularkan dari orang lain. Penyakit ini berkembang seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia, yang dimana penyakit ini dipengaruhi dari faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup. Contoh dari penyakit tidak menular adalah penyakit jantung, stroke, obesitas, asma, kanker, dan diabetes melitus.

Maka dari itu, diperlukan kegiatan Skrining PTM agar dapat dilakukan deteksi dan tatalaksana dini bagi para lansia. Skrining PTM dilakukan di posyandu Desa Hadiluwih bersama dengan ibu bidan desa dan para kader posyandu lansia. Mahasiswa KKN Tim II Undip ikut membantu kegiatan Posyandu lansia dengan melakukan pemeriksaan antropometri yang terdiri dari pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, dan Lingkar Pinggang serta dilakukan juga cek tekanan darah. Untuk pemeriksaan laboratorium sederhana seperti cek gula darah, cek kolesterol, dan cek asam urat dilakukan oleh Ibu Bidan.
 

Setelah dilakukan skrining PTM dan pemeriksaan laboratorium sederhana, kegiatan Posyandu dilanjutkan dengan senam lansia dan penyuluhan kesehatan.



Penulis : 
Antonius Kevin Putra Rumbiana

NIM : 
22010121140138

Program Studi : 
Kedokteran

Editor :
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon