Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Pendampingan Hukum dan Tata Cara Pendaftaran NIB Terhadap UMKM




Campusnesia.co.idKelurahan Pasar Kliwon , Kota Surakarta - Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro melakukan kegiatan pendaftaran NIB, alasan menjalankan program ini dikarenakan setelah berkomunikasi dengan Kepala Desa mengenai pendaftaran NIB UMKM, ternyata tidak ada daftar yang pasti terkait jumlah dan nama-nama UMKM yang telah mendaftarkan usahanya dan memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha).
 
Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) UMKM sangat penting dalam rangka untuk mendapatkan perlindungan hukum agar nantinya tidak dapat disalahgunakan. NIB sendiri merupakan sebuah bukti registrasi/pendaftaran pelaku usaha untuk melakukan kegiatan usaha dan sebagai identitas dalam pelaksanaan kegiatan usahanya yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Pasal 25 ayat 1 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS). 

Memiliki izin usaha sendiri merupakan salah satu bentuk taat akan hukum karena jika menjalankan suatu usaha tanpa ada izin maka disebut tidak legal dan akan beresiko nantinya.

Pelaksanaan program ini menggunakan metode door to door yaitu dengan mendatangi satu persatu UMKM yang ada dikelurahan Pasar Kliwon dan menjelaskan tentang NIB dan tata cara pendaftaran langsung ke UMKM. Hal ini dipilih agar informasi dapat tersampaikan dengan mudah dan lebih jelas. Pemilik UMKM dapat melakukan komunikasi 2 arah apabila ada yang masih dirasa kurang jelas.

Hal inii dinilai cukup efektif melalui program ini banyak UMKM yang tertarik untuk mendaftarkan usaha mereka secara resmi serta menyadari pentingnya pendaftaran NIB untuk perkembangan usaha mereka.

Secara keseluruhan, kegiatan edukasi pndaftaran NIB yang diselenggarakan oleh mahasiswa UNDIP membuktikan betapa pentingnya peran mereka dalam membantu pemerintah dan masyarakat dalam mendapat kepastian hukum. Mereka membuktikan bahwa ilmu dan kepedulian yang didapatkan di universitas dapat digunakan untuk membantu membangun negeri dan membentuk generasi muda Indonesia yang lebih baik. 



Penulis: 
Shifa Nabila/ Ilmu Hukum / Fakultas Hukum 

Dosen Pembimbing: 
Rissa Anandita, S.E., M.Ak., Ak., CA 
NIP. 198709132022102001

Agus Naryoso., S.Sos., M.Si
NIP. 197508312002121002

Reportase Program Kerja Monodisiplin

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon