Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Pemanfaatan Sumber Daya Budaya Melalui Re-Internalisasi Budaya

 
Pengenalan kembali sejarah dan kebudayaan 
Kelurahan Pasar Kliwon melalui media pamflet.


Campusnesia.co.idKelurahan Pasar Kliwon, Surakarta (3 Agustus 2024). Sejarah dan kebudayaan suatu wilayah merupakan sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat suatu daerah. Sayangnya hal ini masih sering terlupakan dan bahkan tidak disadari. melalui program Kuliah Kerja Nyata mahasiswa Undip (Universitas Diponegoro) Semarang melaksanakan program kerja berupa Re-Internalisasi Budaya dan Pelatihan Pemanfaatan Sumber Daya Budaya di Kelurahan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Program kerja ini dilaksanakan dalam rentang waktu satu tiga hari, tepatnya sejak tanggal 1 hingga 3 agustus 2024.

Kegiatan Re-internalisasi Budaya dan Pelatihan Pemanfaatan Sumber Daya Budaya ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) dari jurusan Antropologi Sosial yang berkolaborasi dengan karang taruna Kelurahan Pasar Kliwon dan juga pokdarwis Kelurahan Pasar Kliwon. Proses Re-Internalisasi Budaya dilakukan dengan mengenalkan kembali sejarah dan kebudayaan yang ada di wilayah Kelurahan Pasar Kliwon menggunakan properti pamflet, sedangkan Pelatihan Pemanfaatan Sumber Daya Budaya dilaksanakan dengan melakukan pelatihan penggunaan aplikasi desain grafis untuk promosi sejarah dan kebudayaan berupa aplikasi Canva.

Program Re-Internalisasi Budaya dan Pelatihan Pemanfaatan Sumber Daya Budaya ini dilaksanakan sebagai lanjutan program kerja kuliah kerja nyata yang sebelumnya yaitu Pencatatan Sejarah dan Kebudayaan. Program ini dilaksanakan sebagai langkah lanjutan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Pasar Kliwon melalui potensi kekayaan sejarah dan budaya yang dimiliki di wilayahnya.

Menurut keterangan dari mahasiswa pelaksana program, pembuatan desain grafis bukanlah satu-satunya cara untuk memanfaatkan Sumber Daya Budaya yang ada di wilayah Kelurahan Pasar Kliwon. Meskipun begitu, pembuatan desain grafis merupakan cara yang dirasa paling mudah dan cepat dengan hasil yang paling efektif juga efisien dengan kondisi lapangan.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) berhasil mengenalkan kembali sejarah dan kebudayaan yang ada di Kelurahan Pasar Kliwon kepada anggota karang taruna dan pokdarwis. Selain itu, mahasiswa UNDIP juga berhasil menambah kemampuan mereka dalam memanfaatkan sumber daya budaya dan sejarah yang ada di Kelurahan Pasar Kliwon.

Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari perangkat kelurahan maupun anggota karang taruna dan pokdarwis. Usaha yang dilakukan oleh mahasiswa UNDIP ini juga mendapat apresiasi yang sangat besar oleh masyarakat Kelurahan Pasar Kliwon karena kegiatan ini dinilai merupakan kegiatan yang menambah wawasan dan kesadaran eksistensi budaya.

Salah satu peserta kegiatan Re-Internalisasi Kebudayaan dan Pelatihan Pemanfaatan Sumber Daya Budaya menyatakan bahwa

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan Surprisingly menambah wawasan ya, banyak yang kita belum tau padahal kita sendiri yang warga Pasar Kliwon”

 
Pelatihan penggunaan aplikasi desain grafis 
di pendopo Kelurahan Pasar Kliwon.

Secara keseluruhan, kegiatan Re-Internalisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Sumber Daya Budaya ini membuktikan bahwa peran mahasiswa dalam membantu pemerintah maupun masyarakat untuk memanfaatkan kekayaan sejarah dan budaya di wilayah sekitar sangatlah penting. Selain itu, keberhasilan ini membuktikan bahwa melalui program Kuliah Kerja Nyata, seorang mahasiswa dapat mengaplikasikan bidang keilmuan yang dipelajarinya selama kuliah secara langsung pada masyarakat. Melalui program Kuliah Kerja nyata juga, mahasiswa mendapat kesempatan untuk memberikan terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat. 



Penulis: 
Siraj Fadil Hadi Putra / Antropologi Sosial / Fakultas Ilmu Budaya

Dosen Pembimbing: 
1. Agus Naryoso, S. Sos., M.Si 
2. Rissa Anandita, S.E., M.Ak., Ak., CA 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon