Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Preservasi Budaya Melalui Pencatatan Budaya

 
Penyerahan booklet “Sejarah & Budaya Kelurahan Pasar Kliwon” 
ke Lurah Pasar Kliwon



Campusnesia.co.idKelurahan Pasar Kliwon, Surakarta (28 Juli 2024). Demi melestarikan kebudayaan di wilayah Kelurahan Pasar Kliwon, melalui program Kuliah Kerja Nyata mahasiswa Undip (Universitas Diponegoro) Semarang melaksanakan program kerja berupa Pencatatan Sejarah dan Kebudayaan Kelurahan Pasar Kliwon. Program kerja ini dilaksanakan dalam rentang waktu satu minggu, tepatnya sejak tanggal 22 hingga 28 Juli 2024.

Kegiatan pencatatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) dari jurusan Antropologi Sosial yang berkolaborasi dengan budayawan serta komunitas penggiat budaya setempat. Proses pencatatan dilakukan dengan metode In depth interview yaitu wawancara mendalam mengenai sejarah dan kebudayaan Kelurahan Pasar Kliwon dengan target utama wawancara adalah budayawan dan komunitas penggiat kebudayaan di Kelurahan Pasar Kliwon. Hasil dari wawancara akan dirumuskan menjadi sebuah buku dengan judul “Sejarah dan Kebudayaan Pasar Kliwon” yang nantinya dapat dibaca kembali dan dimanfaatkan sebagai data rujukan deskripsi kebudayaan yang ada di Kelurahan Pasar Kliwon.

Kegiatan pencatatan sejarah dan kebudayaan ini dilatarbelakangi oleh kesadaran mahasiswa yang tergabung dalam tim kuliah kerja nyata Universitas Diponegoro maupun masyarakat Kelurahan Pasar Kliwon terhadap eksistensi dan perkembangan kebudayaan wilayah Kelurahan Pasar Kliwon yang tidak dibarengi dengan adanya dokumentasi yang holistik dan komprehensif. Selain itu, pencatatan sejarah dan kebudayaan ini disadari dapat menjadi langkah awal dalam pemanfaatan sumber daya budaya dan sejarah Kelurahan Pasar Kliwon yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat wilayah Kelurahan Pasar Kliwon.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) berhasil menguak berbagai macam kisah sejarah dan kebudayaan yang ada di Kelurahan Pasar Kliwon. Beberapa hal yang berhasil dikuak melalui program kegiatan pencatatan ini antara lain, Sejarah Lahirnya Kelurahan Pasar Kliwon, Toponimi Wilayah, Kebudayaan Timur Tengah, Kebudayaan Wilayah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sejarah Kekayaan Kuliner, dan lain-lain.

Penjelasan singkat booklet 
“Sejarah & Kebudayaan Kelurahan Pasar Kliwon ke Lurah Pasar Kliwon".

Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat setempat maupun perangkat Kelurahan Pasar Kliwon. Usaha dari mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) dalam melakukan pencatatan sejarah dan kebudayaan di Kelurahan Pasar Kliwon juga mendapat apresiasi yang sangat besar dari masyarakat sekitar karena kegiatan ini dinilai sangat penting tetapi hampir tidak pernah terpikirkan oleh masyarakat setempat untuk dilakukan.

Penggiat sejarah dan kebudayaan di Kelurahan Pasar Kliwon, Pahargyo Hariadi menyatakan bahwa

“Proses pencatatan sejarah dan kebudayaan di kelurahan ini memang penting untuk dilakukan karena hal ini merupakan langkah awal dalam upaya pelestarian sejarah dan kebudayaan yang sebenarnya sangat banyak di wilayah ini dan yang tau juga sudah sedikit”
 

Wawancara dengan Pahargyo Hariadi

Adanya gebrakan ini menunjukkan betapa pentingnya peran mahasiswa dalam membantu pemerintah maupun masyarakat untuk melestarikan kekayaan sejarah dan kebudayaan di wilayah sekitar. Hal ini juga membuktikan bahwa melalui program Kuliah Kerja Nyata mahasiswa dapat secara langsung mengaplikasikan bidang keilmuan yang dirinya pelajari selama kuliah yang secara bersamaan dapat bermanfaat bagi masyarakat.


Penulis: 
Siraj Fadil Hadi Putra / Antropologi Sosial / Fakultas Ilmu Budaya

Dosen Pembimbing: 
1. Agus Naryoso, S. Sos., M.Si 
2. Rissa Anandita, S.E., M.Ak., Ak., CA 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon