Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Promosi Budaya Dan Pariwisata “Pasar Kliwon Sesungguhnya Solo”




Campusnesia.co.idKelurahan Pasar Kliwon, Surakarta (2 Agustus 2024). Kelurahan Pasar Kliwon memiliki berbagai macam potensi pariwisata di dalamnya. Potensi wisata yang dimiliki oleh Kelurahan Pasar Kliwon meliputi potensi wisata religi dan potensi wisata budaya. Eksistensi dari potensi wisata yang dimiliki Kelurahan Pasar Kliwon tentunya sangat penting untuk dipromosikan demi meningkatkan daya tarik wisatawan yang tentunya akan memperkuat perekonomian lokal. Dengan memperhatikan hal tersebut, melalui program Kuliah Kerja Nyata, mahasiswa Undip (Universitas Diponegoro) Semarang melaksanakan program kerja multidisiplin berupa produksi booklet promosi wisata Kelurahan Pasar Kliwon dengan judul “Pasar Kliwon, Sesungguhnya Solo”. 

Program kerja multidisiplin ini merupakan hasil olah pikiran mahasiswa dari 3 bidang ilmu yaitu Ilmu Pemerintahan (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, bidang ilmu Antropologi Sosial (Fakultas Ilmu Budaya) dan juga bidang ilmu Manajemen (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Penyusunan booklet dilaksanakan dalam kurun waktu satu minggu yang dimulai pada 29 Juli hingga 4 Agustus 2024 dengan melibatkan perangkat kelurahan serta kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kelurahan Pasar Kliwon.

Booklet promosi wisata disusun berdasarkan data potensi pariwisata yang telah dikumpulkan selama lebih kurang satu minggu oleh mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) yang berkolaborasi dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat. Booklet ini nantinya akan diberikan ke pihak kelurahan sebagai arsip dan juga diberikan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk dimanfaatkan sebagai sarana promosi pariwisata setempat.

Penyusunan booklet promosi wisata Kelurahan Pasar Kliwon dilatarbelakangi oleh kesadaran mahasiswa yang tergabung dalam tim kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Diponegoro Semarang di Kelurahan Pasar Kliwon terhadap melimpahnya potensi wisata yang ada di Kelurahan Pasar Kliwon. Menurut keterangan dari mahasiswa, promosi terhadap potensi wisata yang ada di Kelurahan Pasar Kliwon ini sangatlah penting karena dapat menjadi langkah awal dalam mengembangkan wisata yang ada di wilayah setempat dengan cara menambah frekuensi maupun daya tarik wisatawan di wilayah setempat.

Potensi wisata yang berhasil diidentifikasi dan akan dipromosikan dalam bentuk booklet “Pasar Kliwon Sesungguhnya Solo” antara lain potensi wisata religi berupa Haul Solo, Masjid Riyadh, dan Masjid Assegaf, potensi wisata budaya berupa Kirab Malam Satu Suro serta Kandang Kebo Bule lama yang terdapat di Kampung Gurawan, dan juga wisata kuliner yang disebut “Paku Alaska” (Pasar Kliwon Kuliner Ala Sate Kambing dan Nasi Kabuli). Potensi-potensi ini nantinya akan dipromosikan dalam bentuk booklet yang berisikan informasi singkat tentang pariwisata yang ada di Kelurahan Pasar Kliwon dalam bentuk yang menarik pula agar dapat menarik minat wisatawan yang datang ke Kelurahan Pasar Kliwon.

Pembentukan booklet promosi wisata di Kelurahan Pasar Kliwon ini mendapat respon yang positif dari perangkat kelurahan maupun para anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kelurahan Pasar Kliwon. Usaha promosi wisata yang dilakukan oleh tim kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang ini dinilai sangat inovatif karena meskipun sederhana tapi berhasil memberikan dampak yang besar dan nyata bagi pengembangan wisata di Kelurahan Pasar Kliwon. Tidak hanya itu, penyusunan booklet ini sangat mempermudah usaha dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dalam mengembangkan wisata yang ada di Kelurahan Pasar Kliwon.

Salah satu anggota dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kelurahan Pasar Kliwon menyatakan bahwa

“Pembentukan booklet ini sangat membantu memudahkan usaha kita-kita para pokdarwis untuk memperkenalkan wisata yang ada di wilayah pasar kliwon kepada orang-orang luar. Apalagi ini desainya bagus dan menarik bgt”

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran mahasiswa dalam membantu pemerintah maupun masyarakat dalam usaha pengembangan wisata di wilayah sekitar. Dampak nyata serta respon positif yang didapat dari perangkat kelurahan maupun anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) membuktikan bahwa melalui program Kuliah Kerja Nyata, seorang mahasiswa dapat mengaplikasikan bidang keilmuan yang dipelajarinya selama kuliah secara langsung pada masyarakat dan secara bersamaan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.



Penulis: 
KKN KELURAHAN PASAR KLIWON
UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2024

Dosen Pembimbing: 
1. Agus Naryoso, S. Sos., M.Si 
2. Rissa Anandita, S.E., M.Ak., Ak., CA 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon