Mahasiswa KKN Undip Luncurkan Booklet Profil Kebudayaan Desa Karangjati Untuk Meningkatkan Branding Desa

 

Campusnesia.co.id -  Karangjati (06/09/2024) - Sekelompok mahasiswa dari Undip (Universitas Diponegoro) yang sedang menjalankan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Karangjati, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan meluncurkan sebuah booklet yang berisi tentang profil kebudayaan dari Desa Karangjati. Inisiatif tersebut muncul sebagai tanggapan atas kurangnya informasi yang dapat diakses mengenai Desa Karangjati sekaligus sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan branding Desa Karangjati di mata publik.

Mahasiswa KKN Tim II Undip, Aulia Maulida Fitriya dari Program Studi Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Budaya, mengatakan jika pembuatan booklet ini menjadi salah satu program kerjanya selama melaksanakan kegiatan KKN di Desa Karangjati. “Saya melihat jika infromasi mengenai Desa Karangjati ini sulit untuk ditemukan. Kemudian saya berencana membuat booklet profil kebudayaan Desa Karangjati dengan harapan dapat memberikan informasi  bagi warga yang membutuhkan serta bisa juga menjadi media untuk meningkatkan branding desa,” ungkapnya.

Tujuan dari disusunnya booklet ini adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai Desa Karangjati, dimulai dari profil desa, budaya-budaya di desa, seperti tradisi lokal, makanan khas, hingga potensi yang dimiliki oleh desa. Dengan desain yang menarik dan informatif, booklet ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang tepat dan menjadi media promosi yang efektif serta dapat menarik pihak luar untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan dan pengembangan desa. 

Dalam proses penyusunan booklet ini, mahasiswa KKN Tim II Undip bekerja sama dengan tokoh-tokoh desa untuk memastikan jika setiap informasi yang disajikan akurat. Booklet ini nantinya akan diberikan ke Balai Desa Karangjati untuk bisa disimpan di sana sebagai bahan bacaan. Selain itu, booklet ini akan ditampilkan di linktree yang tertera pada laman instagram Desa Karangjati. 



Para mahasiswa KKN Tim II Undip berharap, dengan adanya booklet ini dapat menjadi langkah awal untuk pengembangan lebih lanjut dalam bidang promosi dan pemasaran Desa Karangjati. Tidak hanya itu saja, mereka berharap agar pemerintah Desa Karangjati dapat mengembangkan lebih banyak media informasi termasuk platform digital agar bisa menjangkau audiens lebih banyak lagi.



Penulis : 
Aulia Maulida Fitriya
Mahasiswi Jurusan Antropologi Sosial 
Fakultas Ilmu Budaya
Universitas Diponegoro


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon