Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Digitalisasi Buku Tamu Pelayanan dengan Pemanfaatan Teknologi Melalui Google Form




Campusnesia.co.id - Balai Desa Karangrejo dalam melakukan pelayanan belum terekap secara rutin, sehingga perlu ada upaya perekapan aktivitas pelayanan secara harian yang dilakukan di Desa Karangrejo dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan media google form yang dapat dicek secara berkala.

Buku Tamu Digital bertujuan untuk merekap aktivitas pelayanan yang dilakukan di Balai Desa Karangrejo. Rekapan aktivitas pelayanan dapat diketahui secara berkala.

Digitalisasi Buku Tamu Pelayanan melibatkan pegawai Balai Desa Karangrejo bagian pelayanan dan masyarakat. Pegawai Balai Desa Karangrejo sebagai pemberi layanan dan masyarakat sebagai penerima layanan yang ada di Balai Desa Karangrejo.

 
Pelaksanaan program dimulai dari pembuatan link google form yang berisi nama, tanggal, alamat dan kebutuhan pelayanan yang dibutuhkan. Link google form tersebut kemudian diubah menjadi bentuk barcode agar memudahkan masyarakat untuk scan. Setelah barcode buku tamu jadi, selanjutnya diserahkan kepada petugas pelayanan Balai Desa Karangrejo dengan menjelaskan bagian per bagian dari buku tamu pelayanan digital pada Kamis (25/07/2024). 

Selain membuat barcode juga membuat poster untuk memudahkan masyarakat dalam mengisi buku tamu pelayanan digital. Poster yang dibuat berisi langkah-langkah untuk memandu cara penggunaan buku tamu pelayanan digital. Langkah-langkah yang tertera meliputi scan barcode, isi, klik kirim, selesai. Poster kemudian di cetak dan diberikan kepada petugas pelayanan Balai Desa Karangrejo untuk ditempel agar mudah diakses oleh masyarakat yang melakukan pelayanan di Balai Desa Karangrejo.



Oleh :
Amanda Alvina Hapsari

Dosen Pembimbing : 
Ahmad Ainun Najib, S.H., M.H.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon