Mahasiswa KKN Undip Kembangkan Hand Sanitizer Berbahan Alami dari Serai yang Praktis dan Aman

 




Campusnesia.co.id - Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta (30/07/2024), Angka kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kesehatan masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari tingginya angka pemetaan penyakit menular di Indonesia yang masih tinggi. Upaya pencegahan penyakit menular dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tangan. Kebersihan tangan sangat penting untuk meminimalisir masuknya bibit penyakut dan infeksi dalam tubuh. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan tangan adalah dengan menggunakan hand sanitizer.

Secara umum, hand sanitizer yang dijual dipasaran mengandung alkohol dengan berbagai konsentrasi. Penggunaan hand sanitizer yang mengandung triklosan dan alkohol secara terus-menerus atau dalam jangka panjang akan menimbulkan iritasi pada kulit. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan triklosan dan alkohol adalah dengan menggunakan bahan alami. Salah satunya adalah Tanaman serai (Cymbopogon citratus). Menurut penelitian (Verawati & dkk, 2013), menunjukkan bahwa tanaman serai mengandung berbagai fitokimia seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, kuinon, dan terpenoid, yang diekstraksi dari akar, batang, dan daunnya. Selain itu, minyak atsiri serai juga mengandung senyawa geraniol dan sitral yang berperan sebagai antibakteri.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Tim II KKN Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan sosialisasi pembuatan hand sanitizer alami berbahan dasar serai dengan tujuan untuk memberikan alternatif ramah lingkungan dan ekonomis dalam menjaga kebersihan tangan di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.

Selama kegiatan berlangsung, tim mahasiswa KKN memaparkan manfaat serai sebagai bahan alami yang memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, sehingga cocok dijadikan bahan utama dalam pembuatan hand sanitizer. Para peserta diberikan penjelasan dan melakukan praktik pembuatan hand sanitizer alami, yang meliputi ekstraksi minyak serai, pencampuran dengan bahan-bahan tambahan, dan tahap pengemasan produk akhir.

Dengan adanya kegiatan ini, tim mahasiswa KKN berharap dapat memberikan solusi mudah dan terjangkau bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dalam rangka memenuhi kebutuhan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan. Dengan adanya produk hand sanitizer berbahan dasar serai, tim mahasiswa KKN berharap masyrakat Gilingan dapat lebih sadar akan pentingnya penggunaan produk alami ramah lingkungan serta dapat menginspirasi masyarakat untuk terus berinovasi dalam menciptakan produk bermanfaat dari bahan alami yang tersedia di sekitar mereka.



Penulis : 
Maria Christi Della W. 
(Fakultas Sains dan Matematika- S1 Kimia)

Dosen Pembimbing Lapangan: 
1. Prof. Dr. Ir. Siswanto Imam Santoso, M.P. 
2. dr Dea Amarilisa Adespin, M.Kes, FISPH, FISCM, 
3. Dra Retno Hestiningsih, M.Kes

Lokasi : 
Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon