Mahasiswa KKN Undip Giatkan Program Literasi Anak-Anak Melalui Cerita dan Resensi



Campusnesia.co.id - Klaten, 27 Juli 2024 salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja di Desa Kadilanggon, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Program tersebut yaitu “Membaca: Jendela Dunia – Pentingnya Literasi Sejak Dini” yang diberikan dan diajarkan kepada anak dengan usia 10 tahun. Program ini dilaksanakan dalam rangka mendukung gerakan literasi serta menumbuhkan kebiasaan membaca sejak usia dini. 

Kegiatan oleh anak sebanyak 15 anak dengan antusias mengikuti berbagai rangkaian acara. Program ini diawali dengan sesi materi, bercerita kisah Malin Kundang yang dipimpin oleh salah satu mahasiswa KKN sebagai koordinatornya. Anak-anak diajak untuk terlibat aktif dengan menjawab pertanyaan seputar cerita yang dibawakan sebagai ice breaking agar anak-anak tidak bosan, serta menyampaikan pendapat tentang pesan yang terkandung dalam kisah tersebut. 


Setelah sesi bercerita kisah Malin Kundang, anak-anak diberikan buku cerita untuk dibaca dan diminta membuat resensi sederhana dengan kertas HVS. Mahasiswa KKN kemudian mendampingi mereka dalam memahami isi buku, memberikan panduan tentang cara menulis resensi, dan membantu mereka menyusun kata-kata. Dengan cara ini, anak-anak tidak hanya belajar membaca, tetapi juga memahami dan mengekspresikan apa yang mereka baca. 

Menurut Narindra Prabhapastika Wardhani sebagai Koordinator dalam program kerja ini, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan minat baca anak-anak serta melatih mereka untuk berpikir kritis melalui aktivitas resensi buku. Kepala Desa mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN Undip yang dianggap sangat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan anak-anak di desanya. 

Melalui kegiatan seperti ini, mahasiswa KKN Undip tidak hanya memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan literasi anak-anak, tetapi juga menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap pendidikan dan perkembangan intelektual generasi muda. Program literasi ini diharapkan dapat menjadi awal dari terciptanya budaya baca yang kuat di kalangan anak-anak Desa Kadilanggon, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon