Mahasiswa KKN Undip Gagas Program Desa Ramah Anak



Campusnesia.co.idKalinanas, Wonosamodro, Boyolali (16/8/2024) -  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) menginisiasi program Desa Ramah Anak di lokasi pengabdian mereka. Program ini berfokus pada upaya pencegahan bullying dan peningkatan kemampuan literasi dengan sasaran anak-anak dan orang tua.

"Kami melihat pentingnya membangun lingkungan yang aman dan mendukung tumbuh kembang anak serta  mengedukasi masyarakat tentang bahaya bullying dan pentingnya budaya literasi sejak dini."

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi sosialisasi anti-bullying untuk anak-anak sekolah dasar dan penyuluhan bagi orang tua. Para mahasiswa KKN juga memfasilitasi pojok baca yang ditempatkan pada lokasi strategis tengah desa di mana anak-anak maupun orang tua berkumpul tiap harinya. Hal ini dapat mendorong kegiatan membaca bersama antara orang tua dan anak. "Bullying bisa berdampak serius pada perkembangan anak. Maka, penting bagi kita untuk menciptakan lingkungan yang saling menghargai," tambah Inka.

Selain itu, mahasiswa KKN juga mengadakan peningkatan literasi di sekolah dasar. Peningkatan literasi dilakukan dengan pendampingan membaca pada anak-anak secara berkala. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi perkembangan literasi anak. Selain literasi sastra, peningkatan literasi matematika juga dilakukan. Anak-anak didampingi untuk mengerjakan modul soal matematika yang berbentuk studi kasus. 

Untuk meningkatkan minat baca, mahasiswa KKN juga rutin melakukan pendampingan rutin kepada anak di pojok baca. Pada pojok baca ini disediakan beberapa jenis buku fiksi maupun non fiksi yang dapat dibaca oleh anak-anak maupun orang tua. Harapannya, melalui fasilitas pojok baca ini, minat dan kemampuan literasi dari anak-anak maupun orang tua dapat meningkat. Kepala Desa setempat menyambut baik inisiatif ini. "Program ini sejalan dengan upaya kami mewujudkan desa yang ramah anak. Kami berharap dampaknya bisa berkelanjutan," tuturnya.

Melalui program ini, harapannya dapat menjadi kontribusi nyata dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi tumbuh kembang anak-anak di Desa Kalinanas.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon