Mahasiswa KKN UNDIP Dorong Digitalisasi Warung Pesisir Desa Kuripan Dengan QRIS Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM



Campusnesia.co.idDesa Kuripan, Subah, Batang (29/07/2024), Pada tanggal 29 Juli 2024, Mahasiswa Universitas Diponegoro bernama Hussein dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis membimbing serta mengedukasi para pemilik UMKM di Desa Kuripan terutama bagian pesisir untuk membuat dompet digital dan pembayaran digital melalui QRIS yang dibantu dengan aplikasi Gopay Merchant. Program ini mempunyai tujuan utama dalam mendukung digitalisasi UMKM di Desa Kuripan melalui sistem pembayaran QRIS ini. Kegiatan yang dilakukan diantaranya sosialiasi terlebih dahulu, pembimbingan secara teknik, pembuatan QRIS melalui aplikasi Gopay Merchant terhadap pelaku UMKM Desa Kuripan.

Program Kerja ini terlaksana dikarenakan banyak UMKM di Desa Kuripan terutama yang daerah Pesisir ini masih menggunakan sistem pembayaran tunai, hal ini kurang eifisien dalam mengatur keuangan. Selain itu, daerah pesisir atau pantai ini menjadi pusat wisatawan datang dari luar sehingga dengan adanya QRIS juga memudahkan para wisatawan dalam membayar. Masih banyak masyarakat di Desa Kuripan yang menggunakan pembayaran tunai yang terkandang hal ini dapat menjadi kendala bila wisatawan tidak memiliki uang kecil yang nantinya akan mempersulit penjual dalam mencari uang kembalian.


Program yang dilaksanakan memiliki tahapan yang pertama yaitu Sosialisasi terlebih dahulu kepada pelaku UMKM tentang manfaat dan cara menggunakan QRIS kemudian memberikan pendampingan teknis kepada pelaku UMKM dalam proses pendaftaran dan pencetakan QRIS melalui aplikasi Gopay Merchant. Ketika Program dijalankan banyak masyarakat dari Desa Kuripan yang menerima pendampingan dari diadakan QRIS bagi warung nya dan merasa sangat terbantu. Tetapi, ada beberapa masyarakat yang menolak dan tidak membutuhkan QRIS karena sudah terbiasa menggunakan tunai. 

Adanya program kerja ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Kuripan ini dapat terbuka mengenai kemajuan teknologi dalam menopang digitalisasi ekonomi dan memperluas jaringan pasar dalam meningkatkan daya saing UMKM.



Penulis : 
Fadhli Hussein

Editor :
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon