Mahasiswa KKN UNDIP Berinovasi, Kembangkan Pembelajaran Menarik di SDN 01 dan 02 Kebak

 

(Wawancara dengan Guru Kelas 5 SDN 01 dan 02 Kebak)


Campusnesia.co.idDesa Kebak, 12 Agustus 2024. Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro bernama Ben Jordan dari Prodi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya telah mewujudkan program kerja Pembuatan Modul ajar untuk Guru Kelas 5 di SDN 01 dan 02 Kebak. Program ini adalah upaya untuk mengembangkan kinerja dan keafktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar.

Program ini dilatarbelakangi oleh kinerja dan tingkat keaktifan siswa yang cenderung relatif rendah. Kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif bagi siswa, terutama di era digital seperti sekarang sangat dibutuhkan. Dengan memanfaatkan teknologi video online, siswa diharapkan dapat lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan.

Dalam melaksanakan program ini Ben Jordan mendatangi SDN 01 dan 02 Kebak untuk bertemu dengan Kepala Sekolah serta Guru Kelas 5 di kedua sekolah tersebut. Wawancara tersbut bertujuan untuk mengetahui metode apa yang digunakan oleh guru kelas 5 SD dalam menerapkan proses belajar mengajar. Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka guru diharapkan untuk membenrtuk metode ajar yang berbeda dibandingkan kurikulum sebelumnya, yaitu dengan membuat metode ajar khas yang guru tersebut gunakan dalam proses belajar mengajar. Metode tersebut akan dikembangkan melalui modul ajar yang dibuat oleh mahasiswa yang mengandung Video-based learning.

Video-based learning adalah metode pembelajaran dimana pengajar menggunakan video yang mengandung materi yang berkaitan dengan  materi pelajaran. Video tersebut ditampilkan pada proses belajar mengajar. Setelah itu, pengajar biasanya mengeluarkan pertanyaan atau latihan soal untuk menguji kompetensi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

(Penyerahan Modul Ajar kepada 
Guru Kelas 5 SDN 01 dan 02 Kebak)

Pembuatan modul ajar tersebut hanya memerlukan langkah yang sederhana dan hanya membutuhkan Buku Paket IPAS Kelas 5 dan penelusuran internet. Dalam modul ajar tersebut, terdapat pengembangan materi dan beberapa sub bab Ilmu Pengetahuan Sosial. Modul ajar tersebut juga mencantumkan tautan beserta judul video yang dapat diakses di YouTube, dan ditampilkan dalam proses pembelajaran.

Program kerja ini diterima baik oleh kedua guru tersebut karena jarang hingga belum adanya program KKN dari mahasiswa Universitas lainnya seperti demikian. Fokus dari program kerja ini adalah untuk mengembangkan metode pembelajaran untuk semua kelas dan jenjang pendidikan yang berkelanjutan sehingga kedepannya pengajar dapat menerapkan metode serupa yang lebih disukai siswa dengan menjaga tujuan utama pembelajaran, yaitu meningkatkan kinerja dan keaktifan siswa.

Harapannya kedepan adalah semoga semua pengajar termasuk guru dan dosen dapat mengimplementasikan Video-based Learning dengan metode yang telah digunakan dalam proses belajar mengajar untuk membuat lebih memaksimalkan kinerja pelajar lebih cepat, sehingga pelajar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dari usaha belajar mereka dan dari pengajar mereka .



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon