Mahasiswa KKN Undip berikan sosialisasi mengenai K3 Las dan Sertifikasi Pengelasan kepada warga di Dukuh Sidodai, Desa Krengseng

 
Gambar 1 Pemberian Bantuan APD Las 
kepada Kepala Dukuh Sidodadi


Campusnesia.co.idBatang (28/7/2024). Niko Andrias Susanto, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro memberikan sosialisasi mengenai K3 Las dan Sertifikasi Pengelasan kepada warga Dukuh Sidodadi, Desa Krengseng. Kegiatan ini dilakukan mengingat lokasi Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang dekat dengan Desa Krengseng maka diharapkan KITB akan menyerap banyak tenaga kerja dari desa sekitar, termasuk Desa Krengseng. Untuk mencapai harapan tersebut maka warga desa juga harus memiliki skill dan sertifikasi yang dibutuhkan industri, salah satu keahlian yang dibutuhkan industri merupakan las/welding

Pengelasan adalah proses penyambungan dua bagian logam atau lebih  dengan cara meleburkan bagian yang akan disambung dan menambahkan bahan pengisi sehingga membentuk sambungan yang kuat setelah pendinginan. Pengelasan yang umum digunakan pada usaha kecil dan menengah adalah las listrik, dimana  energi listrik itu sendiri digunakan sebagai sumber panas pada proses pengelasan.

Pengelasan sendiri merupakan salah satu alat penting untuk mendukung kehidupan modern kita dimana kebanyakan gedung hingga alat transportasi dibangun dengan sambungan las. Maka dari itu dengan adanya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), banyak masyarakat desa sekitar yang dapat diserap sebagai tenaga kerja. Selain potensi kerja di KITB, dengan keahlian las yang banyak dibutuhkan industri dimana-mana.

Pada kesempatan tersebut, ia melakukan kegiatan tersebut dengan memberikan edukasi kepada warga tentang pengertian, cacat, inspeksi, dan K3 Las. Selain itu juga ia menjelaskan tentang sertifikasi yang dibutuhkan oleh seorang welder seperti Welding Performance Qualification (WPQ) dan Welding Procedure Specification (WPS). Mengingat las merupakan pekerjaan yang memiliki resiko yang tinggi, ia menekankan hal mengenai K3 las kepada para warga terrmasuk tentang resiko apa saja yang bisa terjadi baik dari segi kerugian material hingga kerugian terhadap kesehatan para pekerja, dengan melalui sosialisasi Alat Pelindung Diri (APD) yag disajikan dengan poster. Pada kesempatan tersebut juga mahasiswa KKN juga membersaikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) las berupa kacamata las dan sarung tangan las kepada warga yang mengikuti sosialisasi.
 
Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan warga terutama yang berusia kerja dapat tertarik untuk belajar mengenai las yang dimana merupakan sebuah keahlian yang dibutuhkan oleh industri, serta juga dapat mengimplementasikan K3 ketika bekerja demi keamanan dan keselamatan diri.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon