Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Sederhana "Akuntansiku" Guna Mempermudah Pengaturan Kas Digital pada Karang Taruna

 





Campusnesia.co.idJuwangi, Boyolali (13\08/2024) - Desa Juwangi merupakan salah satu desa di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Desa Juwangi merupakan desa yang menjadi salah satu pilihan mahasiswa UNDIP untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Karang Taruna sebagai organisasi pemuda di tingkat desa yang memiliki peran penting dalam pemberdayaan masyarakat terutama di kalangan pemuda.Pembukuan adalah proses pencatatan yang dilakukan secara rutin dan teratur untuk mencatat semua jenis informasi dan data keuangan yang meliputi aset,utang,modal,pendapatan.Dengan adanya kemajuan teknologi era digitalisasi,banyak bermunculan aplikasi yang dapat mendukung dalam pembukuan secara digital.

Berdasarkan pelatihan dan pendampingan kepada anggota karang taruna,pembukuan yang dilakukan masih merupakan pembukuan manual dan belum dilakukan secara detail. Hal ini karena pembukuan dianggap pekerjaan yang cukup rumit. Selain itu,keterbatasan pengetahuan terkait teknologi juga menjadi alasan belum dilakukannya pembukuan secara digital.Menanggapi situasi tersebut.

 Luthfiana Putri Dea Salsabila dari Departemen Ilmu Ekonomi yang merupakan salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 di Desa Juwangi, Kecamatan Juwangi mencetuskan program kerja keilmuan berupa “Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Sederhana” Akuntansiku” guna mempermudah pengaturan kas digital pada Karang Taruna”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (25/7/2024) bertempat di rumah anggota karang taruna yang didatangi oleh mahasiswa secara langsung. Pertama-tama dipaparkan mengenai siklus akuntansi,pembukuan,alasan diperlukanya untuk melakukan pembukuan bagi  Pengaturan kas bagi Karang Taruna, kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan fitur-fitur sederhana serta mempraktikkan penggunaan aplikasi Akuntansiku.

Mahasiswa KKN memberikan modul dan Pamflet yang memuat informasi terkait pembukuan dan langkah-langkah menggunakan aplikasi “Akuntansiku” serta fitur-fitur secara lengkap. Program ini dilakukan untuk memberikan edukasi terhadap Pengaturan Kas terkait urgensi untuk melakukan pembukuan serta memperkenalkan Akuntansiku sebagai aplikasi yang dapat mempermudah pembukuan secara digital.

 
Modul Akuntansiku
Sumber : Karya Pribadi Luthfiana Putri Dea Salsabila


Harapannya Program ini dapat memberikan insight baru bagi Anggota Karang Taruna Dusun Ngandong dalam mengelola keuangan serta memaksimalkan penggunaan teknologi dengan melakukan pembukuan secara digital untuk terciptanya pembukuan yang lebih efisien dan lebih terstruktur.



Penulis : 
Luthfiana Putri Dea Salsabila

Fakultas/Jurusan : 
Ekonomika dan Bisnis/ Ekonomi Syariah

DPL
Irfan Murtadho Yusuf S.A.P., MPM  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon