Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Pentingnya Perencanaan Keuangan dalam Rumah Tangga pada Desa Ngrombo

Gambar : Kegiatan Arisan RT 11 
Desa Ngrombo, Kecamatan Plupuh


Campusnesia.co.id - Ngrombo, Plupuh (25/07/2024) - Pada tanggal 25 Juli 2024, Tim ll KKN Universitas Diponegoro Desa Ngrombo melaksanakan program monodisplin penyuluhan mengenai “Pentingnya Perencanaan Keuangan dalam Rumah Tanga” di Desa Ngrombo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen. Kegiatan ini dilangsungkan dalam acara arisan rutin RT 11 yang berteparan dengan perencanaan persiapan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Arisan ini diadakan siang hari di rumah Ketua RT, Bapak Senen, yang dihadiri oleh sejumlah besar warga setempat, yang menunjukkan antusiasme tinggi terhadap tema yang diangkat. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan edukasi pentingnya dana prioritas dan keuangan dasar yang sangat relevan bagi kehidupan sehari-hari, terutama dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. 

Pemaparan materi disampaikan oleh Mahasiswa dari Fakuktas Ekonomika dan Bisnis Kelompok KKN Tim ll Undip, yang memiliki pemahaman mendalam tentang perencanaan keuangan. Saudari Mahasiswa Menjelaskan konsep dasar perencanaan keuangan, termasuk dengan mengapa kita harus melakukan perencanaan keuangan dan cara mengatur pendapatan dan pengeluaran, serta pentingnya menabung untuk masa tua nanti. Dalam sesi ini, ibu- ibu RT juga diajak untuk melakukan simulasi penyusunan anggaran rumah tangga. Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman  praktis tentang bagaimana Menyusun anggaran bulanan yang seimbang dan efisien.  

Setelah dilakukannya sesi pemaparan, diadakannya Doorprize  bagi ibu-ibu RT yang dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Kelompok Tim ll KKN Undip. Pertanyaan yang lontarkan tepat seperti yang sudah dipaparkan. Terlihat antusiasme yang tinggi dari para ibu RT mengenai kegiatan ini, berebut untuk meangkat tangan dan menyerukan orang yang menjawab salah. Sesi Doorprize berakhir dengan dua pemenang yang mendapatkan hadiah dari Kelompok Tim ll KKN Undip. 

Gambar : Leaflet lipat 2 
tentang Perencanaan Keuangan

Kegiatan penyuluhan ini tidak hanya memberikan edukasi baru kepada warga, tetapi juga memperkuat hubungan antara Kelompok Tim ll KKN Undip dan warga Ngrombo sekitar. Partisipasi aktif warga dalam acara ini menunjukkan bahwa edukasi keuangan sangat dibutuhkan dan diterima dengan baik. Dari kegiatan ini didapatkan apresiasi dari Ibu RT, Ibu Senen yang menyampaikan terima kasih kepada Kelompok Tim ll KKN Undip, beliau menyampaikan, “ Kegiatan penyuluhan ini sangat membantu para warga dalam mengelola keuangan perbulannya dan secara tidak langsung membuat warga memiliki dana darurat yang ternyata sangat penting, Terima kasih banyak untuk mba dan mas KKN atas pemaparannya.” 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon