Mahasiswa KKN Undip berikan Edukasi Mengenai Kesiap Siagaan Saat Tejadi Gempa Bumi ke Anak-Anak SDN Krengseng 02

 
Gambar 1 Foto Bersama anak SDN 02 Krengseng 
dengan mahasiswa KKN setelah Kegiatan Edukasi yang dilakukan


Campusnesia.co.idBatang (25/7/2024). Mahasiswa KKN Undip Niko Andrias Susanto memberikan edukasi siap siaga saat terjadi gempa bumi kepada anak-anak sd di SDN 02 Krengseng. Edukasi ini diadakan mengingat terjadinya gempa bumi di utara Pulau Jawa, terutama dekat daerah Kabupaten Batang yang dewasa ini sering terjadi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan anak-anak dalam menghadapi potensi gempa bumi yang dapat terjadi kapan saja. Dengan pendekatan yang interaktif, siswa-siswi dijelaskan mengenai pengertian, penyebab, dampak, dan langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi gempa. 

Mengingat Indonesia berada di area Ring of Fire, yang dimana area yang mencakup berbagi area di Samudra Pasifik ini sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi, membuat kita beresiko lebih tinggi mengalami gempa bumi maka dari itu kesiap siagaan akan gempa harus ditanamkan sejak dini ke anak-anak. 

Kegiatan ini dilakukan di SDN 02 Krengseng dengan diikuti oleh siswa-siswi dari kelas 1 hingga kelas 3. Edukasi yang dilakukan dengan bantuan slide materi, poster, berbagai alat peraga, dan sesi tanya jawab yang interaktif. Anak-anak diajarkan cara berlindung yang benar saat terjadi gempa, seperti bersembunyi dibawah meja dan menjauh dari jendela dan barang yang mudah pecah saat terjadi gempa. 

Selain itu para siswa-siswi juga diajari mengenai prosedur evakuasi saat terjadi gempa seperti berkumpullah di titik evakuasi yang telah ditetapkan yang biasa berada di daerah lapang, hindari gedung-gedung dan tiang listrik karena objek tersebut memiliki resiko runtuh setelah terjadi gempa.

Pada kesempatan ini, ia menjelaskan juga mengenai pengertian gempa, asalnya, serta apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa melalui media poster yang selanjutnya diberikan ke pihak sekolah dan ditempelkan ke mading sekolah.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan anak-anak SD mengetahui apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa dan senantiasa siap siaga akan gempa. Kami berharap melalui pelatihan ini,  anak-anak Desa Krengseng lebih siap  menghadapi keadaan darurat, meningkatkan kewaspadaan, serta mampu menyelamatkan diri dan membantu orang lain ketika terjadi gempa.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon