Mahasiswa KKN Undip Ajak Perempuan Kelurahan Pasar Kliwon Menyadari Pentingnya Representasi Perempuan di Parlemen

 
Pembagian Modul Pendidikan Politik: 
Pentingnya Representasi Perempuan 


Campusnesia.co.idKelurahan Pasar Kliwon, Kota Surakarta (26/07)  - Pendopo Kelurahan Pasar Kliwon menjadi tempat terlaksananya sebuah daya usaha mahasiswa Undip dalam menyadarkan masyarakat khususnya kaum perempuan mengenai pentingnya representasi perempuan di ranah parlemen Indonesia. Program pembagian modul pendidikan politik ini diikuti oleh masyarakat perempuan  dari berbagai lapisan masyarakat di Kelurahan Pasar Kliwon dengan antusias.

Program pemberian pendidikan politik mengenai pentingnya representasi perempuan dilaksanakan sebagai upaya untuk mengurangi kesenjangan gender dan kurangnya anggota parlemen perempuan, selain itu program ini bertujuan untuk menyadarkan kaum perempuan bahwa mereka memiliki kepentingan yang unik dan terpisah, yang tidak sepenuhnya dapat direpresentasikan dengan memadai oleh laki-laki. Oleh karena itu, peningkatan keterwakilan perempuan di dalam politik dapat lebih efektif dalam menjamin bahwa kebutuhan dan kepentingan perempuan mendapatkan representasi yang lebih akurat, dibandingkan dengan memberikan representasi kepentingan perempuan kepada laki-laki. 

Secara keseluruhan program ini menekankan bahwa kehadiran perempuan dalam pemerintahan diartikan sebagai suatu langkah untuk mendukung terwujudnya negara yang demokratis dengan sistem hukum yang peka terhadap isu gender, termasuk dalam penganggaran yang memperhatikan aspek gender, mengingat lebih dari setengah penduduk Indonesia adalah perempuan.

Program ini berhasil mencapai tujuannya dengan memberikan informasi-informasi yang lebih baik kepada kaum perempuan  di Kelurahan Pasar Kliwon mengenai pentingnya terwujudnya representasi perempuan terletak pada kemampuan perempuan untuk memengaruhi proses pembentukan kebijakan agar lebih memperhatikan kebutuhan kaumnya. Kebutuhan tersebut mencakup berbagai isu, seperti kesehatan reproduksi, kesejahteraan keluarga, perhatian terhadap anak-anak, kelompok usia lanjut, tuna daksa, dan kelompok masyarakat marginal lainnya, serta isu-isu terkait kekerasan. Keterlibatan perempuan dalam proses pengambilan keputusan diharapkan dapat mengurangi diskriminasi yang selama ini terjadi dalam masyarakat.



Penulis:
Janice Stacey Emanuella 
(Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Dosen Pembimbing:
Agus Naryoso., S.Sos., M.Si
Rissa Anandita, S.E., M.Ak., Ak., CA 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon