Mahasiswa KKN Tingkatkan Kesadaran Sanitasi dan Hygiene Pekerja dan Ruang Produksi UMKM Ngudi Rukun Desa Basuhan




Campusnesia.co.idBasuhan (25/07/2024) - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar utama dalam perekonomian Indonesia. Permasalahan yang sering terjadi pada UMKM adalah kurangnya penerapan sanitasi dan hygiene ruang produksi. Sanitasi dan Hygiene merupakan suatu tindakan atau upaya untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan melalui pemeliharaan dini setiap individu dan faktor lingkungan yang mempengaruhinya, agar individu terhindar dari ancaman kuman penyebab penyakit.

Melihat kondisi tersebut, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro mengenalkan sanitasi dan hygiene kepada pelaku UMKM di Dusun Kendal, Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri berdasarkan salah satu poin Sustainable Development Goals (SDG’s), yaitu mengenai Good Health and Well-Being (Hidup Sehat dan Sejahtera) sekaligus Clean Water and Sanitation (Air bersih dan sanitasi layak). Penerapan sanitasi dan hygiene pekerja dan ruang produksi bertujuan untuk meminimalisir bahaya dari cemaran biologis, fisik serta kimia dari individu dan lingkungan terhadap produk pangan.

Desa Basuhan memiliki beragam UMKM di bidang pengolahan pangan salah satunya UMKM Ngudi Rukun yang memproduksi keripik pisang dan peyek. Kegiatan ini dilaksanakan di UMKM Ngudi Rukun dengan cara menyampaikannya secara langsung tentang sanitasi dan hygiene pekerja dan ruang produksi kepada penggerak UMKM Ngudi Rukun di Desa Basuhan. Kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan poster dengan desain yang menarik sehingga dapat dipajang di ruang produksi untuk memudahkan produsen UMKM dalam mengerti dan memahami pentingnya proses sanitasi dan hygiene dalam proses produksi terhadap kesehatan dan tingkat kepercayaan konsumen.


Pekerja UMKM merespon dengan antusias dalam menambah wawasan terhadap pentingnya sanitasi dan hygiene, sehingga adanya kegiatan KKN yang mengedukasi masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan awareness terhadap kontaminasi produk dan senantiasa menjaga kebersihan proses produksi yang berlangsung. Melalui kegiatan ini, UMKM Ngudi Rukun diharapkan dapat terus menjaga standar kebersihan dan kesehatan dalam proses produksinya, sehingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan aman dikonsumsi oleh konsumen. 



Penulis:
Silvy Arianti Dewi
Teknologi Pangan / Fakultas Peternakan dan Pertanian

DPL:
Gani Nur Pramudyo, S.IP., M.Hum.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon