Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Memperkenalkan Marketing Berbasis Digital Kepada UMKM Desa Demakan




Campusnesia.co.idBanyak orang, terutama bisnis kecil dan menengah UMKM di Desa Demakan, masih enggan menggunakan digital marketing. Hal ini disebabkan oleh sejumlah alasan, termasuk ketidaktahuan tentang teknologi digital, dan kekhawatiran tentang biaya yang harus dibayar. Selain itu, kebiasaan lama dalam pemasaran juga menjadi hambatan. Meskipun menawarkan banyak keuntungan, seperti jangkauan pasar yang lebih luas dan biaya yang lebih efisien, digital marketing masih belum sepenuhnya diterima oleh masyarakat. Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman dengan metode pemasaran konvensional, atau khawatir akan kompleksitas platform digital. Faktor lain yang menghambat adalah kurangnya dukungan pelatihan pada platform digital

“Banyak potensi produk unggulan yang ada di Desa Demakan yang harus diperkenalkan di Indonesia, dengan itu sangat butuh pemasaran digital untuk menjangkau masyrakat Indonesia” ujar Muhammad Hilmy Alfansyah Razan selaku pembawa program tersebut

Sukoharjo (05/08/2024) – Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada para pelaku UMKM di Desa Demakan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, sosialisasi dan pelatihan dilakukan di balai desa. Sosialiasi dan pelatihan ini di tujukan agar para UMKM bisa memanfaatkan platform digital dengan gratis untuk meningkatkan branding produk yang dibuat.


Dengan memanfaatkan digitalisasi marketing ini di harapkan para pelaku UMKM bisa membangun brandingan produknya agar seluruh masyarakat Indonesia mengenal produk unggulan dari Desa Demakan. Tidak hanya untuk membangun branding produk, tetapi juga untuk meningkatkan penjualan. Dengan menggunakan platform E-Commerce, para UMKM bisa menjualkan produknya secara digital hingga konsumen dari seluruh kalangan bisa membeli dari rumah secara online.

Dengan adanya program ini dapat memberikan dampak positif bagi warga Desa Demakan. Serta kami berharap pelaku UMKM terus mengikuti perkembangan teknologi, ini adalah salah satu bentuk strategi marketing untuk meningkatkan penjualan.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon