Mahasiswa KKN TIM II Undip Mengoptimalisasi Pengelolaan Database Kematian Warga Desa Kaliprau menggunakan Google Sheets

 


Campusnesia.co.idDesa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang (15/08/2024), Mahasiswa KKN TIM II Undip 2024,  Salsa Febriliana Sandita dari Program Studi Statistika, Fakultas Sains dan Matematika, berhasil meningkatkan kualitas pengelolaan data kematian warga Desa Kaliprau dengan memanfaatkan Google Sheets.

Dalam program KKN ini, Salsa berhasil mentransformasikan 1863 data kematian warga Desa Kaliprau ke dalam Google Sheets. Proses ini melibatkan tahapan yang komprehensif, mulai dari pengumpulan data dari catatan manual, pembersihan data untuk memastikan keakuratannya hingga input data ke dalam platform digital. Dengan digitalisasi ini, data kematian yang sebelumnya tercatat secara manual kini dapat diakses, dianalisis dan dikelola dengan lebih efektif. Langkah ini tidak hanya meningkatkan efisiensi pengelolaan data tetapi juga mempermudah pemerintah desa dalam memonitor tren kematian, mengidentifikasi pola yang signifikan dan membuat keputusan berbasis data yang lebih tepat.
 

Sebagai bagian dari inisiatif ini, Salsa selaku Mahasiswa KKN Undip juga memberikan pengajaran tambahan kepada perangkat desa, khususnya kepada Sekretaris Desa Kaliprau, mengenai penggunaan Google Sheets melalui buku panduan yang ia buat. 
"Jaman sekarang makin canggih ya, Mbak Salsa. Pakai Google Sheets gini jadinya bisa mengerjakan bersama-sama walau kitanya tidak berada di tempat yang sama" Ujar Pak Rasnoto, Sekretaris Desa Kaliprau. 

Beliau merasa sangat terbantu dengan adanya Google Sheets ini, karena data desa dapat dikelola dengan lebih efisien berkat kemudahan penggunaannya. Inisiatif inovatif ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Desa Kaliprau dan menjadi contoh bagi desa-desa lain.

Dengan adanya digitalisasi data kematian yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN Statistika melalui kerja sama dengan perangkat desa, Desa Kaliprau kini memiliki Database yang lebih terstruktur dan mudah diakses. Kolaborasi ini menghasilkan sistem pencatatan kematian yang lebih modern dan efisien, memungkikan penerapan analisis statistik yang lebih mendalam. Dengan data yang akurat, desa dapat membuat keputusan yang lebih tepat untuk meningkatkan efisiensi serta kesejateraan warganya.

Mahasiswa KKN Statistika membawa angin segar bagi Desa Kaliprau dengan menginovasikan sistem pencatatan kematian menggunakan Google Sheets. Langkah ini tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga membuka peluang untuk pemanfaatan data yang lebih luas di masa depan.



Penulis : 
Salsa Febriliana Sandita – S1 Statistika

Dosen Pembimbing KKN : 
Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon