Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Optimalkan TPS 3R dengan Maggot : Solusi Ampuh Pengurai Sampah Organik

 


Campusnesia.co.idPekalongan - Salah satu usaha optimalkan TPS 3R Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro buat pelatihan pengomposan sampah organik dengan media maggot kepada petugas TPS 3R.

Pada tanggal 30 Juli 2024 bertempat di TPS 3R, kegiatan diawali dengan penjelasan cara membuat kompos dengan media maggot dilanjut dengan pemberian media maggot, bibit maggot, dan fermentasi makan. 

Maggot atau larva lalat Black Soldier Fly (BSF) adalah organisme pengurai yang efektif, berperan dalam mengurai materi organik yang sudah mati, seperti bangkai hewan dan sisasisa tumbuhan, dan juga sampah. Proses penguraian oleh maggot menghasilkan : 

- Maggot kaya protein, dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak 

- Frass (Kotoran Maggot), pupuk organik yang kaya nutrisi untuk tanaman

Secara umum, fase larva awal hingga pertengahan dianggap sebagai periode paling aktif dalam mengurai sampah organik. Pada fase ini, maggot memiliki nafsu makan yang sangat tinggi dan kemampuan mencerna yang baik. 

Pak Bardi, salah satu pengurus TPS 3R, mengaku sangat tertarik dengan penjelasan pengomposan dengan media maggot . 'Dengan pemberian maggot insyaallah sangat membantu TPS 3R untuk kompos limbah organik,' ujarnya."




Maggot memberikan solusi efektif untuk mengatasi permasalahan sampah organik. Budidaya maggot dapat diterapkan dalam skala rumah tangga maupun skala besar. Dengan memanfaatkan maggot, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan lestari.
     


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon