Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Mengubah Limbah Tempe Menjadi POC (Pupuk Organik Cair) Sebagai Salah Satu Cara Mengurangi Pencemaran Lingkungan



Campusnesia.co.idPekalongan (10/08/2024) - Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tahun 2024 telah melaksanakan kegiatan Program Kerja Monodisiplin “Pengolahan Limbah Tempe Menjadi POC (Pupuk Organik Cair)” di Desa Yosorejo, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan pada hari Sabtu, 10 Agustus 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah salah satu pemilik UMKM Tempe.

Permasalahan air terkait limbah produksi tempe merupakan isu lingkungan yang penting, terutama di daerah yang memiliki banyak industri pembuatan tempe. Limbah cair dari proses produksi tempe dapat mencemari sumber air jika tidak dikelola dengan baik. Limbah cair tempe mengandung zat organik yang tinggi, zat-zat ini dapat menyebabkan penurunan kualitas air seperti membuat air kotor dan keruh, menimbulkan bau yang mengganggu masyarakat sekitar dan bisa menyebabkan penyakit jika menggunakan air dari perairan tersebut serta makhluk hidup yang ada di perairan bisa terjangkit dan mati.

Untuk memecahkan permasalahan dari air limbah tempe ini, Mahasiswi KKN Vikhanza Zalfa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan akan memberikan pelatihan sekaligus penyuluhan individu terkait limbah tempe yang dijadikan POC ini. 

POC (Pupuk Organik Cair) merupakan jenis pupuk yang berbentuk cair dan berasal dari bahan-bahan organik seperti kotoran hewan, sisa tanaman, dan bahan organik lainnya. Pupuk ini sering digunakan karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman serta mikroorganisme yang bermanfaat untuk kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman. POC ini juga merupakan solusi untuk mengurangi limbah produksi untuk dibuang langsung ke perairan dan penggunaannya yang ramah lingkungan.

Salah satu bahan pembuatan POC adalah EM4, EM4 merupakan produk yang mengandung campuran mikroorganisme yang bermanfaat antara lain untuk mempercepat proses dekomposisi bahan organik menjadi kompos untuk pupuk, mengurangi bau yang tidak sedap, membantu menguraikan zat-zat berbahaya dan mengurangi tingkat polusi dalam air limbah sehingga air yang dihasilkan menjadi lebih bersih sehingga aman untuk dibuang ke perairan.

Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah tempe dengan menyiapkan satu botol air mineral 1,5 Liter, gula pasir, sendok, limbah cair tempe, dan EM4. Berikut merupakan prosedur pembuatannya: 

• Isi botol air mineral dengan limbah cair tempe 

• Larutkan 3 sendok makan gula pasir dengan air secukupnya 

• Tambahkan 4 tutup botol EM4 

• Setelah dimasukkan semua, aduk atau kocok botol hingga tercampur rata 

• Tutup rapat dan simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung

• Setiap hari botol air mineral dibuka lalu ditutup rapat kembali untuk mengeluarkan gas hasil fermentasi pupuk

• Diamkan proses fermentasi hingga 2 minggu sampai sudah tercium bau tape yang menyengat.



Dengan adanya penyuluhan individu dan pelatihan ini, dapat diharapkan membantu dalam meningkatkan hasil panen karena tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup dan tanah menjadi lebih subur, sebagai upaya menjaga lingkungan khususnya lingkungan perairan, serta dapat membantu masyarakat untuk mengelola limbah menjadi pupuk yang ramah lingkungan dan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu hasil produk yang bisa dijual.



Penulis:
Vikhanza Zalfa B. R. 
(Manajemen Sumberdaya Perairan)

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon