Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Membuat Peta Jalur Evakuasi Bencana Kebakaran pada Sekolah Dasar Negeri 02 Wringingintung

 


Campusnesia.co.idPelaksanaan kegiatan KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 berlokasi di Desa Wringingintung, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang yang dilaksanakan selama 40 hari. Program kerja yang dilaksanakan sesuai dengan permasalahan dan potensi yang ada di Desa Wringingintung. Salah satu masalah di Desa Wringingintung yaitu sering terjadinya kekeringan, banyaknya sampah yang berserakan, dan masih banyak terdapat kabel listrik yang berantakan pada Sekolah Dasar Negeri Wringingintung 02 sehinggan berisiko menyebabkan bencana kebakaran. 

Selain itu, masih belum terdapat peta jalur evakuasi untuk mengatasi risiko bencana kebakaran ini, oleh karena itu salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 adalah “Pembuatan Peta Jalur Evakuasi Kebakaran pada Sekolah Dasar Negeri Wringingintung 02”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 26 Juli 2024, bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Batang dan merupakan salah satu program kerja monodisplin yang dilaksanakan di Desa Wringingintung. 


Proses pembuatan peta jalur evakuasi ini diawali dengan melakukan survei pada Sekolah Dasar Negeri Wringingintung 02 seperti melakukan pengukuran luas ruangan, menentukan jalur evakuasi yang tepat, dan menentukan lokasi titik kumpul apabila terjadi bencana kebakaran.

Selain melakukan pembuatan peta jalur evakuasi, mahasiswa KKN juga mengundang Pemadam Kebakaran Kabupaten Batang untuk membantu menjelaskan bagaimana cara menyelamatkan diri apabila terjadi bencana kebakaran. Kegiatan ini mendapatkan antusias yang sangat baik dari guru dan murid Sekolah Dasar Negeri Wringingintung 02.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon