Mahasiswa KKN TIM II Undip Manfaatkan Limbah Kulit Pisang UMKM di Desa Longkeyang Menjadi Ecoenzyme



Campusnesia.co.id - Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro mengadakan pelatihan pembuatan ecoenzyme sebagai upaya pemanfaatan limbah sisa produksi keripik pisang pada UMKM ND Snack di Desa Longkeyang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi dari limbah organik yang dihasilkan pada proses produksi keripik pisang.

Bapak Tarsim, selaku pemilik UMKM ND Snack, dikenalkan dengan konsep dan bagaimana pemanfaatan produk ecoenzyme yang dihasilkan. Selain itu, pemilik UMKM ND Snack juga dikenalkan dengan teknik pembuatan ecoenzyme menggunakan bahan-bahan sederhana, seperti sisa buah dan sayur (limbah organik), gula merah, serta air.


"Saya senang jika limbah yang biasanya dibuang secara cuma-cuma ini dapat bermanfaat sekaligus membantu mengurangi limbah pada UMKM kami," ujar Bapak Tarsim, selaku pemilik UMKM ND Snack.

Ecoenzyme yang dihasilkan ini nantinya dapat digunakan sebagai pembersih alami, pupuk organik, atau dijual ke pasar yang lebih luas. Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong ekonomi sirkular UMKM di Desa Longkeyang.


Penulis:
Fakultas Sains dan Matematika 
Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing:
Dr. Rahmad Nuryanto, S.Si., M.Si

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon