Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Kembangkan Konten Media Sosial Pemerintah Desa Tlingsing Melalui Pelatihan Jurnalistik


(Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNDIP berikan pelatihan jurnalistik 
pada perangkat desa untuk pengembangan konten media sosial 
pemerintah Desa Tlingsing)


Campusnesia.co.idMedia sosial menawarkan berbagai kemudahan dalam berinteraksi tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Hal ini membuat penggunaan media sosial berkembang pesat dan semakin banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak salah satunya instansi pemerintahan. Di era modern ini, instansi pemerintah sangat terbantu dengan kehadiran media sosial. Pemerintah dapat menyebarkan informasi dengan cepat, mudah dan dalam skala yang luas. Di sisi lain media sosial juga menjadi sarana bagi pemerintah untuk menunjukkan citra positif dan membangun kepercayaan publik.

Desa Tlingsing merupakan salah satu instansi pemerintah yang turut andil dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana penyebarluasan informasi seperti program atau kegiatan desa. Penggunaan media sosial juga sangat membantu Desa Tlingsing dalam mempromosikan UMKM dan sumber daya mereka ke masyarakat luas. Pengelolaan dan pengembangan konten media sosial pemerintah Desa Tlingsing menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Berangkat dari hal ini, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro menggelar pelatihan jurnalistik untuk pengembangan konten media sosial pemerintah Desa Tlingsing. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Tlingsing, Kecamatan Cawas, Klaten pada 23 Juli 2024 ini dihadiri oleh sejumlah perangkat desa dari Divisi Humas.

Dalam mengelola media sosial, instansi pemerintah memiliki prinsip dan etika tertentu yang pastinya berbeda dengan penggunaan media sosial milik pribadi.  Jurnalistik memainkan peran penting untuk memastikan bahwa konten yang disajikan di media sosial pemerintah tidak hanya menarik, tetapi juga akurat, relevan, dan berdampak positif bagi masyarakat dan instansi pemerintah itu sendiri, Maka dari itu pemerintah Desa Tlingsing perlu menerapkan prinsip-prinsip jurnalisme dalam pengembangan dan pengelolaan konten media sosial mereka. 

Mengangkat tema ‘Pelatihan Jurnalistik untuk Pengembangan Konten Media Sosial Pemerintah Desa Tlingsing’, Pelatihan ini diisi dengan sejumlah materi yakni, jurnalisme media sosial, pedoman penulisan jurnalistik, dan pembuatan content plan. Tujuan digelarnya pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan perangkat desa mengenai teknik penulisan berita dan produksi konten media sosial yang menarik dan informatif. Pelatihan ini juga berperan penting dalam meningkatkan kreativitas dalam menulis berita dan menciptakan konten interaktif dan berkualitas.

Dwi Riyanto selaku Kepala Desa Tlingsing mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut. Menurutnya, pelatihan jurnalistik dalam pengembangan konten media sosial desa akan meningkatkan kapasitas para pengelola media sosial. 

Dengan adanya program ini, diharapkan Pemerintah Desa Tlingsing dapat mengelola media sosialnya dengan terencana dan optimal.



Penulis : 
Yemima Yorena Br Brahmana 
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik – Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing Lapangan : 
Dr. Sunarno, S.Si, M.Si

Lokasi : 
Desa Tlingsing, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon