Mahasiswa KKN TIM II UNDIP: Inovasikan Lele Menjadi Produk Dimsum Tinggi Protein



Campusnesia.co.id - Pekalongan (28/07/2024), Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik yang mudah didapatkan. Protein dalam ikan berperan penting dalam meningkatkan daya ingat, membantu mencegah penyakit mata, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Salah satu jenis ikan yang mengandung protein cukup tinggi ialah ikan lele. Kandungan proteinnya yang tinggi membuatnya menjadi pilihan populer, terutama bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan protein dalam diet. 

Ikan lele ini biasanya diolah dengan cara digoreng, akan tetapi proses menggoreng tersebut menyebabkan penambahan kalori dan lemak jenuh yang signifikan pada ikan lele. Agar nutrisi tetap terjaga, metode pengolahan ikan lele yang tepat merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya yaitu dengan metode kukus. Bentuk inovasi olahan ikan lele dengan cara dikukus ialah dimsum. Inovasi olahan ikan lele menjadi dimsum dapat meningkatkan nilai jual serta dapat menarik minat anak untuk mengkonsumsi ikan.

 
Desa Tegalontar merupakan salah satu desa di Kecamatan Sragi yang memiliki potensi dalam bidang perikanan yakni budidaya ikan lele. Berdasarkan kondisi tersebut, mahasiswa KKN TIM II UNDIP mengupayakan peningkatan pengetahuan dan minat ibu-ibu PKK dalam membuat produk olahan dari ikan lele dengan pelatihan dan pembagian leaflet. 

Kegiatan pelatihan dilakukan pada hari Minggu, 28 Agustus 2024 yang di awali dengan pembagian leaflet cara pembuatan dimsum ikan lele dan edukasi terkait manfaat mengonsumsi ikan lele. Brosur yang dibagikan berisikan informasi tentang bahan, cara memasak, dan manfaat mengkonsumsi ikan lele. Kegiatan yang diikuti oleh 25 orang ini dilaksanakan di Balai Desa Tegalontar dengan mendemonstrasikan pembuatan dimsum ikan lele secara singkat.  Selama acara berlangsung, antusiasme dari ibu-ibu PKK cukup tinggi terhadap pembuatan produk dimsum ikan lele. Adanya kegiatan ini diharapkan mampu memberdayakan masyarakat di Desa Tegalontar melalui potensi unggulan yang dimiliki desa.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon